ANALISIS HUKUM EKONOMI ISLAM TERHADAP PRAKTIK JASA PENCUCIAN KENDRAAN BERMOTOR TANPA PERSETUJUAN PEMILIK (Studi Kasus Tempat Parkir Pemandian Air Panas Pacet Mojokerto)

MOCH. DIYAUR ROCHMAN, 12101173061 (2023) ANALISIS HUKUM EKONOMI ISLAM TERHADAP PRAKTIK JASA PENCUCIAN KENDRAAN BERMOTOR TANPA PERSETUJUAN PEMILIK (Studi Kasus Tempat Parkir Pemandian Air Panas Pacet Mojokerto). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Moch. Diyaur Rochman, NIM 12101173061, Analisis Hukum Ekonomi Islam Terhadap Praktik Jasa Pencucian Kendraan Bermotor Tanpa Persetujuan Pemilik (Studi Kasus Tempat Parkir Pemandian Air Panas Pacet Mojokerto), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2022, Pembimbing: Ahmadi Abdul Shomad FN, M.H. Kata Kunci: Jasa Pencucian, Parkir Kendaraan Bermotor, Ijarah Juru parkir yang berada di area pemandian air panas Pacet Mojokerto tidak hanya menjaga dan menjamin keamanan dari kendaraan bermotor saja namun, juga mencuci kendaraan tersebut diluar kesepakatan yang disepakati oleh kedua belah pihak. Ketika pengguna jasa selesai dari wisata tersebut lalu membayar kendaraan yang telah dititipkan kepada juru parkir, pengguna jasa diminta untuk membayar upah atas jasa pencucian kendaraan meski tak diketahui pemilik serta jasa atas pencucian kendaraan tersebut secara paksa. Dan pengguna jasa tersebut mau tidak mau harus membayar upah atas jasa yang telah dilakukan oleh juru parkir tersebut. Penelitian ini disusun untuk menjawab dua pertanyaan, yakni bagaimana praktik jasa pencucian kendaraan bermotor tanpa persetujuan pemilik di area pemandian air panas Pacet Mojokerto dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap praktik jasa pencucian kendaraan bermotor tanpa persetujuan pemilik di area pemandian air panas Pacet Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan adalah dengan teknik organizing dan analyzing dengan bantuan media dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama: praktik jasa pencucian kendaaraan bermotor tanpa persetujuan di pemandian air panas Pacet Mojokerto adalah perbuatan yang dilakukan dengan unsur paksaan. Unsur paksaan tersebut disebabkan oleh tidak adanya kesepakatan antara penyedia jasa pencucian dan si pemilik kendaraan bermotor; kedua: menurut hukum Islam khususnya ijarah praktik jasa pencucian kendaraan bermotor tanpa persetujuan di pemandian air panas pacet mojokerto tidak sah dilakukan karena mengandung unsur kebatilan. Unsur kebatilan tersebut disebabkan tidak terpenuhinya unsur sighat dalam rukun melakukan ijarah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S1 12101173061 MOCH. DIYAUR ROCHMAN
Date Deposited: 17 May 2023 03:14
Last Modified: 17 May 2023 03:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35043

Actions (login required)

View Item View Item