PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VEKTOR KELAS X DI MAN 2 JOMBANG

WHENI PUTRI HANDINI, 12204193088 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNO STACKO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VEKTOR KELAS X DI MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran UNO Stacko untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Vektor Kelas X di MAN 2 Jombang” ini ditulis oleh Wheni Putri Handini, NIM. 12204193088, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, UNO Stacko, Vektor Pembelajaran matematika di sekolah seringkali dianggap monoton oleh peserta didik, terutama saat menghadapi materi yang sulit seperti materi vektor. Sebab itulah terkadang peserta didik cenderung merasa bosan saat pembelajaran matematika berlangsung. Agar pembelajaran matematika menjadi tidak membosankan maka diperlukan suatu media pembelajaran yang dapat membuat pembelajaran matematika menjadi menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan langkah–langkah pengembangan media pembelajaran berbasis permainan UNO stacko pada materi vektor kelas X (2) untuk mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran berbasis permainan UNO stacko pada materi vektor kelas X (3) untuk mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran berbasis permainan UNO stacko pada materi vektor kelas X (4) Untuk mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran berbasis permainan UNO stacko untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi vektor kelas X di MAN 2 Jombang. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-MIPA 2 MAN 2 Jombang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi teknik analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini memperoleh beberapa hasil : (1) Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran berbasis permainan UNO stacko dengan model ADDIE diawali dengan analisis, dilanjutkan dengan membuat desain media pembelajaran UNO stacko, setelah itu mengembangkan media pembelajaran dengan uji validitas media dari ahli, lalu mengimplementasikan media pembelajaran di sekolah, dan yang terakhir adalah evaluasi. (2) Kevalidan media pembelajaran dari validasi media dan materi berturut-turut memperoleh presentase 93,75% dan 84,375%, artinya media valid dan layak digunakan. (3) Kepraktisan media pembelajaran dari hasil observasi pendidik dan angket respon pendidik berturut-turut memperoleh presentase sebesar 85,71% dan85,42%, yang artinya media dinyatakan praktis sesuai dengen kriteria kepraktisan, (4) Keefektifan media pembelajaran dari hasil observasi peserta didik dan angket repon peserta didik berturut-turut memperoleh presentase sebesar 82,14% dan 84%, sedangkan hasil tes pembelajaran memperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 70%, artinya media UNO stacko tidak efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi vektor kelas X di MAN 2 Jombang

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193088 Wheni Putri Handini
Date Deposited: 16 May 2023 07:35
Last Modified: 16 May 2023 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35277

Actions (login required)

View Item View Item