JURNAL PENELITIAN PENGARUH TOKEN EKONOMI TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA ADD DI TK INKLUSI PAS BAITUL QUR’AN

UMI KULSUM, 12308183009 (2023) JURNAL PENELITIAN PENGARUH TOKEN EKONOMI TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA ADD DI TK INKLUSI PAS BAITUL QUR’AN. [ Skripsi ]

[img] Text
JURNAL PENELITIAN PENGARUH TOKEN EKONOMI TERHADAP PENGURANGAN PERILAKU AGRESIF SISWA ADD DI TK INKLUSI PAS BAITUL QUR'AN_fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perilaku agresif merupakan perilaku yang dimaksudkan untuk menyakiti seseorang dengan sengaja baik secara fisik maupun secara psikis. Anak dengan diagnosa ADD atau gangguan pemusatan perhatian (attention deficit disorder) sering kali memiliki masalah dalam berperilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh token ekonomi terhdapap pengurangan perilaku agresif pada anak ADD (Attention Deficit Disorder). Subyek penelitian merupakan siswa laki-laki berusia 5 tahun 10 bulan berinisial K yang sekolah di TK Inklusi dan didiagnosis mengalami Attention Deficit Disorder ADD oleh psikolog. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dalam bentuk single subject research dengan desain A-B-A, metode analiss yang digunakan adalah teknik analisis visual grafik (visual analisis of grafik data). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa token ekonomi dapat mengurangi atau menurunkan perilaku agresif berupa perilaku menggigit pada anak ADD (Attention Deficit Disorder). Hal ini bisa dilihat dari presentase perbandingan antar kondisi besaline 1 (A1) dengan kondisi besaline 2 (A2) yang menunjukkan menurunnya presentasi 25% menjadi 12%. Kata kunci: Perilaku agresif, token ekonomi, gagguan pemusatan perhatian

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi sosial
Ekonomi > Sosial Ekonomi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: S1 12308183009 UMI KULSUM
Date Deposited: 17 May 2023 02:00
Last Modified: 17 May 2023 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35291

Actions (login required)

View Item View Item