PENGARUH PERSEPSI NASABAH BERDASARKAN KONDISI DEMOGRAFIS, PSIKOGRAFIS, DAN GEOGRAFIS TERHADAP PEMILIHAN PRODUK PEMBIAYAAN DI BMT ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN 2015

Hetik Harnonik, 2823123061 (2016) PENGARUH PERSEPSI NASABAH BERDASARKAN KONDISI DEMOGRAFIS, PSIKOGRAFIS, DAN GEOGRAFIS TERHADAP PEMILIHAN PRODUK PEMBIAYAAN DI BMT ISTIQOMAH KARANGREJO TULUNGAGUNG TAHUN 2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SKRIPSI OK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Persepsi Nasabah Berdasarkan Kondisi Demografis, Psikografis, dan Geografis terhadap Pemilihan Produk Pembiayaan di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung Tahun 2015” ini ditulis oleh Hetik Harnonik, 2823123061, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung dibimbing oleh Bapak Muhamad Aswad, MA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa BMT sebagai lembaga komersil akan berupaya meningkatkan profit melalui berbagai macam cara. Salah satunya melalui produk pembiayaan yang ditawarkan. Dengan pertimbangan bahwa nasabah akan memilih produk pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuannya, maka pihak BMT tidak dapat serta merta menentukan produk yang tepat untuk nasabah tanpa mengetahui latar belakang nasabah. Karena berkaitan dengan kemampuan nasabah dalam memenuhi kewajibannya melaksanakan pembayaran. Agar penawaran terhadap produk pembiayaan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien, maka perlu dilakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar dilakukan melalui pendekatan demografis, psikografis, dan geografis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah pengaruh persepsi nasabah berdasarkan kondisi demografis terhadap pemilihan produk pembiayaan di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung Tahun 2015? (2)Apakah pengaruh persepsi nasabah berdasarkan kondisi psikografis terhadap pemilihan produk pembiayaan di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung Tahun 2015? (3)Apakah pengaruh persepsi nasabah berdasarkan kondisi geografis terhadap pemilihan produk pembiayaan di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung tahun 2015? (4)Apakah pengaruh secara bersama-sama persepsi nasabah berdasarkan kondisi demografis, psikografis, dan geografis terhadap pemilihan produk pembiayaan di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung Tahun 2015? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif dengan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran angket di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung. Pengujian penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda dengan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil t variabel persepsi nasabah berdasarkan kondisi demografis dan psikografis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemilihan produk pembiayaan di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung Tahun 2015. Sedangkan variabel persepsi nasabah berdasarkan kondisi geografis nasabah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemilihan produk pembiayaan di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung Tahun 2015. Kemudian, berdasarkan hasil uji f dapat diketahui bahwa kondisi demografis, psikografis, dan geografis nasabah berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap pemilihan produk pembiayaan di BMT Istiqomah Karangrejo Tulungagung Tahun 2015. Kata Kunci : Demografis, Psikografis, Geografis, Produk Pembiayaan BMT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823123061 Hetik Harnonik
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:03
Last Modified: 16 Jan 2017 02:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3540

Actions (login required)

View Item View Item