STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA UD.SANTAI DESA BALESONO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG

NADYA ARFITA SEPTIANI, 12405193020 (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA UD.SANTAI DESA BALESONO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA UD.SANTAI DESA BALESONO KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG.12345 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran merupakan faktor yang memiliki peranan penting bagi perkembangan suatu usaha. Dengan menerapkan berbagai macam strategi untuk menghadapi persaingan, menimbulkan dampak yang signifikan terhadap unit usaha dalam meningkatakan penjualan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa strategi bauran pemasaran merupakan alat pemasaran perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan di pasar sasaran dan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk pada UD.SANTAI di Desa Balesono Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriprif melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung di tempat penelitian. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan sumber data yang diperoleh. Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa UD. SANTAI dalam meningkatkan penjualan produknya dengan menggunakan strategi bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) yang berupa meningkatkan kualitas dan varian produk, penyesuaian harga sesuai kualitas, desain tempat yang nyaman, bersih, mudah diakses, promosi di berbagai desa dan luar kecamatan, memberikan pelatihan kepada karyawan, melakukan proses produksi yang rinci, serta memberikan bukti fisik produk. Dengan keberhasilan strategi yang telah diterapkan UD. SANTAI dalam meningkatkan penjualan, dapat menjadi contoh bagi usaha sejenis untuk meningkatkan penjualan produknya. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 7P, Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193020 NADYA ARFITA SEPTIANI
Date Deposited: 19 May 2023 02:48
Last Modified: 19 May 2023 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35404

Actions (login required)

View Item View Item