PENGARUH ISLAMIC BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Muamalat KCP Tulungagung)

LUTFI NURNAZIKAH, 12401193051 (2023) PENGARUH ISLAMIC BRANDING TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Pada Bank Muamalat KCP Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (914kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Islamic Branding Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat KCP Tulungagung)” yang ditulis oleh Lutfi Nurnazikah, NIM. 12401193051, Jurusan Ekonomi, Prodi Perbankan Syariah Fakutas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan pembimbing Dedi Suselo, S.E., M.M. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya lembaga keuangan syariah yang ada, salah satunya bank syariah yang menimbulkan persaingan antara bank syariah untuk berlomba-lomba menarik perhatian calon nasabah. Untuk itu, dalam menarik perhatian dan kepercayaan calon nasabah, salah satu upaya yang dilakukan bank syariah adalah melalui upaya branding. Branding merupakan aktivitas berkomunikasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk tujuan mendapatkan respon dari konsumen. Berkenaan dengan bank syariah maka upaya yang dilakukan harus didasarkan dengan prinsip syariah maka disebut Islamic Branding. Islamic Branding merupakan pemberian merek dengan memasukkan nilai-nilai keislaman dengan tujuan menerapkan empati dan nilai-nilai syariah dalam memperkenalkan merek produk kepada konsumen serta mampu menarik minat konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh pentingnya merek terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat KCP Tulungagung, (2) untuk menguji pengaruh keakraban merek terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat KCP Tulungagung, (3) untuk menguji pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat KCP Tulungagung, (4) untuk menguji pengaruh label halal terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat KCP Tulungagung, (5) untuk menguji pengaruh pentingnya merek, keakraban merek, kepercayaan konsumen, dan label halal terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat KCP Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengolahan data yang digunakan yaitu SPSS 25. Penelitian ini menggunakan uji analisis deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi (R2).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pentingnya merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat KCP Tulungagung, (2) keakraban merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat KCP Tulungagung, (3) kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat KCP Tulungagung, (4) label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat KCP Tulungagung, (5) pentingnya merek, keakraban merek, kepercayaan konsumen, dan label halal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah pada Bank Muamalat KCP Tulungagung. Kata Kunci : Islamic Branding, Keputusan menjadi nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 12401193051 Luti Nurnazikah
Date Deposited: 19 May 2023 04:10
Last Modified: 19 May 2023 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35412

Actions (login required)

View Item View Item