FINA HIMATUL ULYA, 12204183131 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF IMPLUSIF SISWA MTsN 4 BLITAR KELAS VII MATERI BANGUN DATAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (828kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “ Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP ditinjaui dari Gaya Kognitif Reflektif Implusif SiswaMTsN 4 Blitar Kelas 7 Pada Bab Bangun Datar” ini di tulis oleh Fina Himatul ‘Ulya, NIM. 12204183131, dengan dosen pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan komunikasi matematis, gaya kognitif reflektif, gaya kognitif implusif. Penelitian ini di latar belakangi karena realita yang ada pada sekitar tergolong rendah kemampuan komunikasi matematisnya. Padahal kemapuan komunikasi matematis sangat tegolong penting dalam kehidupan sehari -hari, baik berupa simbol, notasi, gambar, dan grafik ataupun model matematika yang lainya. Maka dari itu kemampuan komunikasi di angkat dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah : 1.Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 4 Blitar kelas VII yang memiliki gaya kognitif reflektif pada materi bangun datar. 2. Untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa MTsN 4 Blitar kelas VII yang memiliki gaya kognitif implusif pada materi bangun datar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes MFFT (Matching Familier Figures Test), tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dimulai dari pemberian tes MFFT dan tes tertulis kepada siswa yang hasilnya disesuaikan dengan indikator kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil tes MFFT siswa diklasifikasikan dengan gaya kognitif impulsif dan reflektif, Masing-masing diwakili oleh 3 subjek penelitian, sehingga terdapat 6 subjek penelitian. Kemudian ke-6 subjek tersebut dilakukan wawancara tentang kemampuan komunikasi matematis berdasarkan pada hasil dari tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Subyek pada kognitif reflektif pada soal pertama dan kedua mempu menyelesaikan dan memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis. (2) Subjek pada kognitif implusif belum mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan komunikasi matematika. untuk indikator yang pertama yaitu Menyatakan gambar dalam ide matematika dalam Bahasa sendiri . untuk indikator yang kedua Merefleksikan benda-benda nyata, gambar, dan diagram ke dalam ide-ide matematika (Drawing). Untuk indikator yang ketiga Mengekspresikan konsep matematika dengan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika (Mathematical Expressions). Untuk soal pertama cukup memenuhi indikator, namun untuk indikator ke tiga yang ada pada nomor satu belum memenuhi. Untuk nomor dua kedua indikator nya belum terpenuhi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Tematik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183131 FINA HIMATUL ULYA |
Date Deposited: | 22 May 2023 06:23 |
Last Modified: | 22 May 2023 06:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35501 |
Actions (login required)
View Item |