KONSEP SIMPAN PINJAM PADA BUMDES DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus BUMDES Cerme Asri Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri)

SINTA NUR FADHILA, 12101193132 (2023) KONSEP SIMPAN PINJAM PADA BUMDES DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus BUMDES Cerme Asri Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sinta Nur Fadhila, 12101193132, Konsep Simpan Pinjam Pada BUMDES Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus BUMDES Cerme Asri Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing: Septi Wulan Sari, S.Sy., M.H. Kata kunci: Konsep Simpan Pinjam, BUMDES, Hukum Ekonomi Syariah Unit simpan pinjam pada BUMDES Cerme Asri ini berbentuk koperasi, yang dalam transaksi simpan pinjamnya memberikan kemudahan dan keringanan kepada nasabahnya. Dengan adanya unit simpan pinjam ini, masyarakat Desa Cerme terbantu dalam mendapatkan modal usaha, sehingga minat masyarakat pada unit simpan pinjam ini sangatlah tinggi. Oleh sebab itu, dengan tingginya minat masyarakat dalam unit simpan pinjam ini maka, pemilihan judul ini diharapkan dapat menggali informasi terkait dasar, tata cara, dan proses dari transaksi simpan pinjam pada BUMDES Cerme Asri agar sesuai dengan hukum ekonomi syariah yang berprinsip tolong menolong. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep simpan pinjam pada BUMDES Cerme Asri di Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. (2) Bagaimana konsep simpan pinjam pada BUMDES Cerme Asri di Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri dalam perspektif hukum ekonomi syariah. penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui konsep simpan pinjam pada BUMDES Cerme Asri di Desa Cerme Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. (2) Mengetahui konsep simpan pinjam pada BUMDES Cerme Asri dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, karena metode ini diharapkan dapat menggali secara langsung terkait penerapan simpan pinjam pada BUMDES Cerme Asri dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Selain itu, penelitian ini berinteraksi langsung dengan pihak-pihak yang terlibat dalam simpan pinjam pada BUMDES Cerme Asri. Sehingga teknik pengumpulan data yang dipakai adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam pengecekkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik Triangulasi pada sumber data hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep simpan pinjam pada BUMDES Cerme Asri pada dasarnya sama dengan koperasi, yang membedakan adalah tidak ada jaminan dan survei dalam pemberian pinjaman. (2) Dalam perspektif hukum ekonomi syariah, konsep simpan pinjam pada BUMDES Cerme Asri masuk dalam kategori akad al-Qardh, yang mana konsep simpan pinjam BUMDES Cerme Asri ini sesuai dengan rukun dan syarat al-Qardh, hanya saja konsep simpan pinjam BUMDES Cerme Asri masih terdapat unsur riba karena menetapkan bunga dalam pinjamannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bumdes
Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Ekonomi > Pinjaman
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S. H. 12101193132 Sinta Nur Fadhila
Date Deposited: 23 May 2023 01:59
Last Modified: 23 May 2023 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35516

Actions (login required)

View Item View Item