PENETAPAN HARGA PADA PORTAL PENGADAAN BARANG DAN JASA SATUAN PENDIDIKAN SIPLah DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Tulungagung)

AULIA LAILY MAULINDA, 12101183081 (2023) PENETAPAN HARGA PADA PORTAL PENGADAAN BARANG DAN JASA SATUAN PENDIDIKAN SIPLah DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview

Abstract

Pengadaan barang dan jasa pada satuan pendidikan harus dilakukan melalui portal Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah). Namun, pada prakteknya masih ada penetapan harga yang mengandung unsur ketidakadilan dan ketidaksesuaian kualitas barang atau jasa yang ditawarkan. Penetapan harga pada portal pengadaan barang dan jasa satuan pendidikan menjadi isu yang menarik untuk dikaji menggunakan perspektif hukum ekonomi syariah. Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penetapan harga pada portal SIPLah dalam pengadaan barang dan jasa Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Tulungagung? 2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penetapan harga pada portal SIPLah dalam pengadaan barang dan jasa Taman Kanak-kanak di Kecamatan Tulungagung? Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Triangulasi digunakan untuk pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penetapan harga pada portal SIPLah dalam pengadaan barang dan jasa Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Tulungagung dilakukan oleh pihak penjual/penyedia. Namun pihak penjual adakalanya memberikan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga pasar dan menggunakan nilai rupiah nominal kecil. Kondisi ini merugikan lembaga satuan pendidikan Taman Kanak-Kanak sebagai pihak pembeli. Meskipun ada proses negosiasi antara pihak penjual dan pembeli berkaitan harga, namun tidak ada jaminan bahwa harga akan mengalami perubahan sesuai kesepakatan. Pada akhirnya, konsumen harus menerima harga barang tersebut meskipun tidak sesuai dengan harapan konsumen. 2)Berdasarkan hukum ekonomi syariah, penetapan harga pada portal SIPLah dalam pengadaan barang dan jasa Taman Kanak-kanak di Kecamatan Tulungagung yang dilakukan secara online tidak sesuai dengan prinsip syariat Islam dan etika bisnis yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Pada beberapa kasus terjadi transaksi yang batil dikarenakan kesalahan baik penjual ataupun pembeli. Ketidaktelitian operator lembaga dalam memasukkan data sekolah pada Portal SIPLah menimbulkan perbedaan dengan data sekolah yang ada di DAPODIK. Pihak penyedia juga melakukan kesalahan dengan menawarkan harga yang tidak sesuai pasar serta memberikan barang dengan kualitas yang berbeda dari kualitas yang ditawarkan pada pembeli. Kecacatan pada syarat sah jual beli menyebabkan jual beli antara pihak sekolah dan penyedia termasuk pada jual beli fasid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183081 AULIA LAILY MAULINDA
Date Deposited: 29 May 2023 07:14
Last Modified: 29 May 2023 07:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35577

Actions (login required)

View Item View Item