PENUKARAN UANG BARU MENJELANG HARI RAYA IDUL FITRI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Kelurahan Baturetno Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban )

ELVA YUNI NURFARIDA, 12101183068 (2023) PENUKARAN UANG BARU MENJELANG HARI RAYA IDUL FITRI PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Kelurahan Baturetno Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban ). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Konteks penelitian ini memunculkan permasalahan baru bagi syariat Islam adalah semakin maraknya praktik penukaran uang baru setiap menjelang hari raya Idul Fitri, praktik tukar menukar uang tersebut muncul dengan dilatarbelakangi oleh tradisi masyarakat muslim pada hari raya Idul Fitri yaitu sedekah atau angpao kepada keluarga berupa sejumlah uang baru seperti Idul Fitri yang identik dengan segala sesuatu yang baru. Pada kenyataannya dalam transaksi penukaran uang baru menjelang hari raya Idul Fitri tersebut menuai Pro dan Kontra sebagian intelektual muslim,yang menjadi persoalan adalah keuntungan yang didapat ketika ada seseorang yang ingin menukarkan uang baru. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik penukaran uang baru menjelang hari raya Idul Fitri di Kelurahan Baturetno Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban? 2) Bagaimana praktik penukaran uang baru menjelang hari raya Idul Fitri di Kelurahan Baturetno Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban perspektif Hukum Islam? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi wawancara dengan para pengguna Jasa Penukaran Uang Baru secara semi terstruktur dan dokumentasi teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk verifikasi sedangkan pengecekan keabsahan data yang digunakan peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Praktik penukaran uang baru menjelang hari raya idul fitri di Kelurahan Baturetno Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban dilakukan oleh masyarakat dengan tambahan biaya tukar uang pecahan sebesar 10% bahkan ada yang meminta biaya 15%. 2) Praktik penukaran uang baru menjelang hari raya idul fitri Perspektif Hukum Islam di Kelurahan Baturetno Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban Para ulama berpendapat, bahwa transaksi sharf diperbolehkan dalam Islam. Jika uang lebih tersebut di niatkan sebagai upah kerja dan dengan pengecualian jumlah uang lama yang ditukarkan diganti dengan jumlah yang sama dengan uang baru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 12101183068 ELVA YUNI NURFARIDA
Date Deposited: 24 May 2023 07:29
Last Modified: 24 May 2023 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35606

Actions (login required)

View Item View Item