WINDY SILVIANA PUTRI, 12310193025 (2023) PERMAINAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA PENGUATAN LITERASI BAGI DISABILITAS TUNARUNGU DI TPQLB SPIRIT DAKWAH INDONESIA KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
PERMAINAN PUZZLE SEBAGAI MEDIA PENGUATAN LITERASI BAGI DISABILITAS TUNARUNGU DI TPQLB SPIRIT DAKWAH INDONESIA KABUPATEN TULUNGAGUNG .pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) |
Abstract
Media pembelajaran bermanfaat untuk menyampaikan materi dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang digunakan di TPQLB Spirit Dakwah Indonesia adalah permainan puzzle. Permainan puzzle digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran literasi khususnya bagi santri disabilitas tunarungu anak usia dini. Urgensi penelitian ini adalah permainan puzzle yang digunakan untuk meningkatkan literasi pada santri disabilitas tunarungu. Penelitian ini bertujuan agar para santri tunarungu dapat meningkatkan literasi baca tulis Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan puzzle dapat meningkatkan literasi membaca dan menulis. Literasi membaca meliputi membaca jilid, dan asmaul husna. Literasi menulis meliputi menulis huruf hijaiyah, menulis angka arab, dan menulis meteri fiqih seperti tata cara sholat dan tata cara wudhu. Dalam penerapan menggunakan media permainan puzzle terdapat kendala yang dihadapi seperti kelas kurang terkendali dan waktu pembelajaran tidak bisa maksimal. Kata Kunci : Disabilitas, Literasi, Media Pembelajaran, Permainan Puzzle, Tunarungu
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Perpustakaan Bahasa Dan Sastra > Literasi Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam |
Depositing User: | 12310193025 Windy Silviana Putri |
Date Deposited: | 26 May 2023 02:16 |
Last Modified: | 26 May 2023 02:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35611 |
Actions (login required)
View Item |