PERAN MAJELIS TAKLIM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI MASYARAKAT (Studi Multisitus Majelis Taklim Desa Ngadirenggo dan Majelis Taklim desa Pogalan Kecamatan Pogalan Trenggalek)

ALFI MARDIANA, 12506194006 (2023) PERAN MAJELIS TAKLIM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI MASYARAKAT (Studi Multisitus Majelis Taklim Desa Ngadirenggo dan Majelis Taklim desa Pogalan Kecamatan Pogalan Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis yang berjudul “Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Di Masyarakat di Desa Pogalan dan Desa Ngadirenggo Trenggalek” ini ditulis oleh Alfi Mardiana, NIM. 12506194006, Pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag dan Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Majelis Taklim, Pemahaman Keagamaan Latar belakang penelitian ini adalah pada era sekarang ini masyarakat dunia tanpa terkecuali umat muslim dihadapkan pada keadaan dimana ilmu pengetahuan dan tegnologi berkembang pesat secara beriringan. Hal ini menyebabkan dampak yang positif dan negatif bagi umat manusia khususnya umat muslim. Karena pada era ini dalam hal kuantitas umat muslim mengalami peningkatan tetapi dalam hal kualitas umat muslim dalam kemerosotan. Sehingga dengan fenomena yang demikian, peran dari lembaga majelis taklim sangat diperlukan sebagai benteng dan fondasi pertahanan umat muslim dalam memperdalam pemahaman keagamaan umat Islam sehingga dapat mempersempit permasalahan umat muslim dalam hal kualitas. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran majelis taklim sebagai wadah untuk membina dan mengembangkan kehidupan beragama dalam meningkatkan pemahaman keagamaan di masyarakat?. (2) Bagaimana peran majelis taklim sebagai taman ruhaniyah dalam meningkatkan pemahaman keagamaan di masyarakat?. (3) Bagaimana peran majelis taklim sebagai wadah silaturahmi dalam meningkatkan pemahaman keagamaan di masyarakat?. (4) Bagaimana peran majelis taklim sebagai media dakwah dalam meningkatkan pemahaman keagamaan di masyarakat?. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kasus individu dan analisis data lintas situs yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, verifikasi, membuat rumusan proposisi, perbandingan dan perbedaan temuan, dan merumuskan kesimpulan teoritik. Dalam penelitian ini validitas data juga dapat diperiksa dengan peningkatan keikutsertaan, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian di majelis taklim desa Pogalan dan desa Ngadirenggo ini tentang peran majelis taklim dalam meningkatkan pemahaman keagamaan di masyarakat adalah: (1) Membina dan mengembangkan kehidupan beragama dalam membentuk lingkungan masyarakat yang harmonis dan terbentuknya keluarga yang sakinah mawaddah warahmah, (2) Sebagai taman ruhaniyah sebagai tahapan meningkatkan kepercayaan iman dan taqwa kepada Allah SWT dalam bermuhasabah kepada-Nya, (3) Wadah silaturahmi dalam memperluas penyebaran Syiar Islam yang lebih berkwalitas, (4) Media berdakwah dalam lingkungan masyarakat guna memperdalam ilmu-ilmu tentang Islam dan ajaran Allah SWT.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506194006 ALFI MARDIANA
Date Deposited: 25 May 2023 03:20
Last Modified: 25 May 2023 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35633

Actions (login required)

View Item View Item