Bukti Dokumen Mendapatkan Hibah Kompetitif dengan Judul "Pelatihan dan Pendampingan Diversifikasi Produk Berbahas Dasar Murbei Bagi Santri Ma'had Al Jamiah IAIN Tulungagung Menuju Pusat Potensi Kewirausahaan yang Islami"

Eni Setyowati, 197605062006042002 (2019) Bukti Dokumen Mendapatkan Hibah Kompetitif dengan Judul "Pelatihan dan Pendampingan Diversifikasi Produk Berbahas Dasar Murbei Bagi Santri Ma'had Al Jamiah IAIN Tulungagung Menuju Pusat Potensi Kewirausahaan yang Islami". IAIN Tulungagung, Tulungagung.

[img]
Preview
Text
Bukti Dokumen Hibah Kompetitif - Eni Setyowati.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Santri yang berada di ma’had Al-Jami’ah IAIN Tulungagung adalah mahasiswa bidik misi, tentunya secara ekonomi berada di kalangan bawah, namun mempunyai kecerdasan dan semangat yang tinggi. Selain ilmu keagamaan dan perkuliahan, mereka harus mempunyai keterampilan untuk berwirausaha guna mengahadapi tantangan di dunia global. Lahan yang luas tetapi masih banyak yang kosong merupakan aset yang perlu dikembangkan. Namun kenyataannya, sumberdaya manusia dan aset lahan yang ada selama ini masih belum digali dengan maksimal. Selain itu, di daerah Tulungagung banyak ditemukan tanaman murbei yang tumbuh secara liar, padahal tanaman murbei mempunyai nilai manfaat yang tinggi bagi kesehatan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pelatihan dan pendampingan diversifikasi produk berbahan dasar murbei bagi santri ma’had Al-Jami’ah IAIN Tulungagung. Tujuan pengabdian ini adalah: (1) menjelaskan langkah-langkah pendabdian, (2)melakukan pelatihan dan pendampingan budidaya murbei, (3) melakukan pelatihan dan pendampingan pengolahan produk berbahan dasar murbei, dan (4) melakukan pelatihan dan pendampingan strategi pemasaran kreatif. Metode yang digunakan adalah ABCD (Asset Based Community Development). Hasil menunjukkan bahwa: (1) langkahlangkah dalam pengabdian meliputi discovery, dream, design, define, destiny, dan monitoring evaluasi, (2) santri dapat memahami dan mengaplikasikan budidaya murbei, (3) santri dapat membuat produk teh dan sirup murbei, dan (4) santri dapat mengetahui dan menerapkan pemasaran kreatif berbasis on line.

Item Type: Other
Subjects: Biologi
Divisions: Karya Dosen
Depositing User: Dr. - Eni Setyowati, S.Pd.,MM.
Date Deposited: 24 May 2023 09:24
Last Modified: 24 May 2023 09:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35648

Actions (login required)

View Item View Item