UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MTs N TULUNGAGUNG

DWI ANJAR SARI, 2811123075 (2016) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MTs N TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dwi Anjar Sari, 2016, “Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual siswa MTsN Tulungagung”.FTIK Prodi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr . H. Abdul Aziz, M. Pd. I. Kata kunci : Upaya Guru Aqidah,Akhlak, kecerdasan spiritual, siswa, MTsN Tulungagung. Pendidikan Aqidah Akhlaq adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati dan mengimani Allah SWT, dan merealisasikannya dalam perilaku Akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan bembingan dalam, pengajaran, latihan, pengunaan pengalaman, keteladanan dan pembiasaan. Dalam kehidupan masyarakat yang majemuk dalam bidang keagamaan, pendidikan itu juga diarahkan pada peneguhan aqidah di satu sisi dan peningkatan toleransi serta saling menghormati dengan penganut agama lain dalam rangka mewujudkan kesatuan dan persatuan bangsa. Rumusan masalahnya adalah: 1. Bagaimana Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam mengembangkan sikap siswa yang menghormati sesama manusia di MTsN Tulungagung? Adapuntujuannyaadalah 1.Untuk mengetahui upaya guru aqiah Akhlak dalam mengembangkan sikap siswa yang menghormati sesama manusia di MTsN Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar alami, peneliti sebagai instrument kunci, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya penulis menggunakan reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan data atau sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion verifiying). Dalam kabsahan data peneliti mengunakan teknik ketekunan pengamatan (observasi), Triangulasi (membandingkan informasi melalui waktu dan alat), pemeriksaan sejawat melalui diskusi yaitu dengan mengekspos hasil sementara atau akhir guna pemeriksaan data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1). Bahwa upaya yang tepat untuk dilakukan guna mengembangkan sikap siswa yang saling menghormati sesama manusia yaitu dengan cara pembiasaan dan pemberian contoh keteladanan, dalam kaitannya dengan hal ini guru juga ikut andil dalam memberikan contoh kepada siswanya. Maka dengan pemberian keteladan tersebut guru tidak hanya akan ceramah dan memberi nasehat saja tapi guru langsung terjun sebagai modelnya. 2) Mengenai upaya yang dilakukan oleh guru aqidah Akhlak dalam mengembangkan sikap welas asih siswanya, yaitu dengan upaya sadar dan terencana dalam lingkungan madrasah. Rencana sadar dan terencana tersebut berupa diwajibkannya peduli terhadap sesama dalam hal dan bentuk apapaun dikesehariannya, seperti membantu teman yang kesusahan, serta di tetapkannya santunan pada hari tertentu. Semua itu dilakukan oleh guru agar siswa memiliki kesadaran akan pentingnya hidup dengan sikap yang positf.3).Bahwa intinya dalam upaya mengembangkan pandangan global yang dimiliki siswa guru selalu menanamkan nilai-nilai aqidah, serta menanamkan pada diri siswa bahwa sebagai makhluk didunia haruslah mempunyai kepercayaan yaitu tentang Tuhan_Nya yang menciptakannya, guru aqidah Akhlak dalam mengembangkan pandangan global siswanya harus mampu memberikan pemahaman pada siswanya tentang seberapa pentingnya memiliki pandagan global dalam kehidupan kesehariannya, seperti selalu menginggatkan siswanya untuk selalu berbuat kebaikan terhadap sesamanya, dan selalu beribadah pada saattiba waktunya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2811123075 DWI ANJAR SARI
Date Deposited: 06 Jan 2017 06:47
Last Modified: 06 Jan 2017 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3566

Actions (login required)

View Item View Item