REGULASI EMOSI SHADOW TEACHER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSIF ( Studi Kasus Di SD Islam Al Azhaar Tulungagung)

MUNTAMAH HIDAYANTI, 12308193187 (2023) REGULASI EMOSI SHADOW TEACHER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSIF ( Studi Kasus Di SD Islam Al Azhaar Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
REGULASI EMOSI SHADOW TEACHER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI (Studi Kasus di Kelas Inklusi SD Islam Al Azhaar Tulungagung).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sekolah SD Islam Al Azhaar merupakan sekolah yang terdapat kelas inklusi. Sehingga terdapat Shadow Teacher untuk mendampingi ABK, dalam menghadapi ABK perlu adanya regulasi emosi sehingga terhindar dari adanya kerentanan stress, diharapkan Shadow Teacher mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi saat mendampingi ABK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebuah gambaran regulasi emosi seorang Shadow Teacher yang berada di kelas inkusi SD Islam Al Azhaar Tulungagaung beserta faktor yang mempengaruhi regulasi emosinya. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatanfenomenologi. Menggunakan teknik pengumpulan beberapa data dengan wawancara dan observasi. Dengan melibatkan tiga responden utama yang merupakan Shadow Teacher dan satu responden sebagai Significan other yang merupakan koordinator kelas inklusi. Setelah data terkumpul peneliti melakuakan tiga langakah dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan. Menggunakan teknik triangulasi sumber data, triangulasi teknik dan triangulasi waktu untuk menjamin keabsahan data. Pada hasil penelitian kemampuan regulasi emosi pada tiga subjek secara umum sama, namun ketiga subjek memiliki keyakinan mengatasi masalah yang berbeda sehingga menimbulkan respon yang berbeda dari ketiganya. Regulasi emosi ketiga subjek dilihat dari empat aspek yaitu: Strategi Regulasi Emosi (Strategies Emotion Regulation), Prilaku Untuk Mencapai Tujuan (Engaging In Goal Directed), Mengontrol Respon Emosional (Control Emotional Responses) Penerimaan Respon Emosional (Acceptance Of Emotional). Dilihat dari dua segi faktor yaitu Faktor Intrinsik dan Faktor Ekstrinsik. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat memberikan informasi serta manfaat terkait regulasi emosi khususnya, sehingga dapat berkontribusi dalam memperbanyak literatur tentang regulasi emosi Kata Kunci: Regulasi emosi, Shadow Teacher, ABK

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308193187 Muntamah Hidayanti
Date Deposited: 26 May 2023 06:24
Last Modified: 26 May 2023 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35751

Actions (login required)

View Item View Item