PERAN PENYULUH DINAS PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN SOSIAL EKONOMI PETANI COKLAT (Studi Kasus Kelompok Tani Lestari Makmur Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)

MOH BAGUS ANDIKA PUTRA, 12209183108 (2023) PERAN PENYULUH DINAS PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN SOSIAL EKONOMI PETANI COKLAT (Studi Kasus Kelompok Tani Lestari Makmur Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “PERAN PENYULUH DINAS PERTANIAN DALAM MENINGKATKAN KETAHANAN SOSIAL EKONOMI PETANI COKLAT (Studi Kasus Kelompok Tani Lestari Makmur Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung)” ditulis oleh Moh Bagus Andika Putra, NIM. 12209183108, pembimbing Dr. Hj. Luluk Indarti, S.ag. M.Pd.I. Kata Kunci: Penyuluh Pertanian, Tanaman Kakao ` Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh terdapat Kelompok Tani Lestari Makmur yang ada di Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung yang bisa meningkatkan ketahanan sosial ekonomi anggota kelompok taninya dengan cara bisa mengolah hasil pertanian coklat menjadi sebuah produk yang bisa dikonsumsi. Hal tersebut yang menjadi perang inti dalam peningkatan produktivitas pertanian coklat adalah dinas penyuluh pertanian Kabupaten Tulungagung. Dalam proses peningkatan ketahanan social ekonomi petani coklat tentunya ada yang harus dilalui oleh pegawai penyuluh pertanian. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini (1) Bagaimana peran dinas penyuluhan pertanian dalam meningkatkan ketahanan sosial ekonomi petani pada kelompok Lestari Makmur Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung? (2) Kendala apa saja yang dihadapi Dinas Penyuluh Pertanian Dalam proses Meningkatkan Ketahanan Sosial Ekonomi Petani Coklat di Kelompok Lestari Makmur? (3) Bagaimana upaya dinas Penyuluh Pertanian Dalam proses Meningkatkan Ketahanan Sosial Ekonomi Petani Coklat Kelompok Lestari Makmur?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses dinas penyuluhan pertanian dalam meningkatkan Ketahanan Sosial Ekonomi petani pada kelompok Lestari Makmur Desa Betak Kecamatan Kalidawir Kabupaten,(2) Untuk mengetahui Masalah apa saja yang dihadapi dinas Penyuluh dan Pendampingan Dinas Pertanian Dalam proses Meningkatkan Ketahanan Sosial Ekonomi Petani Coklat di Kelompok Lestari Makmur, (3) Untuk mengetahui upaya dinas Penyuluh Pertanian Dalam proses Meningkatkan Ketahanan Sosial Ekonomi Petani Coklat Kelompok Lestari Makmur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan dengan cara melihat dan mengamati fenomena kinerja dari penyuluh pertanian pada kelompok tani Lestari Makmur. Sementara itu, dokumen dan penelitian ini berupa informasi tertulis dan bergambar yang berkenaan dengan proses peningkatan Ketahanan Sosial Ekonomi petani coklat akibat dari peran dinas penyuluh pertanian kabupaten Tulungagung. Hasil yang didapat dalam penelitian ini bahwa pada proses peningkatan seperti penyuluh sebagai penghubung petani, dan juga penyuluh sebagai pengadaan sarana prasarana bagi kelompok dan tentunya terdapat kendala dari para penyuluh pertanian seperti kurangnya partisipasi petani, tidak tersedianya sarana prasarana, dan kendala dalam pemasaran produk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bumdes
Pendidikan
Ekonomi > Sosial Ekonomi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209183108 MOH BAGUS ANDIKA PUTRA
Date Deposited: 31 May 2023 07:03
Last Modified: 31 May 2023 07:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35789

Actions (login required)

View Item View Item