HUBUNGAN WORKPLACE MINDFULNESS DAN EFIKASI GURU SMK

ANISA SALMA NABILA, 12308193176 (2023) HUBUNGAN WORKPLACE MINDFULNESS DAN EFIKASI GURU SMK. [ Skripsi ]

[img] Text
ANISA SALMA NABILA_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Efikasi guru penting dimiliki oleh seorang guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara workplace mindfulness dan efikasi guru SMK. Tujuan lain juga untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara workplace mindfulness dan efikasi guru SMK. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Sebanyak 62 guru SMK yang menjadi subjek dari penelitian ini. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen yang disusun oleh peneliti berdasarkan teori oleh Brown & Ryan untuk variabel workplace mindfulness berjumlah 15 aitem (α= 0.856) sedangkan untuk variabel efikasi guru berdasarkan teori Tschannen-Moran & Hoy berjumlah 19 aitem (α= 0.917). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment Pearson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara workplace mindfulness dengan efikasi guru dengan korelasi positif (r= 0.712, n = 62, p < 0.000). Berdasarkan hasil tersebut berarti semakin tinggi workplace mindfulness maka tinggi pula efikasi guru. Nilai r2 sebesar 0.506, yang berarti workplace mindfulness pada penelitian ini memberikan sumbangan efektif terhadap efikasi guru sebesar 50%, sehingga 50% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Kata Kunci: (workplace mindfulness, efikasi guru, guru SMK)

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi industri
Psikologi > Psikologi organisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Mahasiswa 12308193176 Anisa Salma Nabila
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:40
Last Modified: 13 Jun 2023 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35817

Actions (login required)

View Item View Item