NURHAYATEE CHEMOH, 12308173139 (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP KECEMASAN REMAJA SISWA KORBAN PERCERAIAN SEKOLAH DARUNWITHAYA, THAILAND. [ Skripsi ]
Text
PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP KECEMASAN REMAJA SISWA KORBAN PERCERAIAN SEKOLAH DARUNWITHAYA, THAILAND.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP KECEMASAN REMAJA SISWA KORBAN PERCERAIAN SEKOLAH DARUNWITHAYA, THAILAND Nurhayatee Chemoh, Afinia Sandhya Rini Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Email: Nurhayatee.5986@gmail.com , afinia2005@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap kecemasan remaja siswa sekolah Darunwithaya Thailand. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa yang bersekolah di Darunwithaya Thailand yang menjadi anak korban perceraian orang tuanya berjumlah 32 partisipan. Instrument pada penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala kecemasan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan korelasi regresi sebesar -.905 dan nilai signifikan sebesar 0,00< 0,05 yang artinya terdapat pengaruh negatif antara kecerdasan emosi siswa. Nilai R Square pada penelitian ini adalah 0,617, artinya kecerdasan emosi memberikan pengaruh terhadap kecemasan sebanyak 61,7% sedangkan untuk 38,3% lainya dipengaruhi oleh variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: kecerdasan emosi, kecemasan, remaja, perceraian
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi Psikologi > Psikologi kepribadian |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 12308173139 NURHAYATEE CHEMOH |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 03:33 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 03:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/35851 |
Actions (login required)
View Item |