KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI MTsN 3 TULUNGAGUNG

MUHAMAD FARIS FAIRUZ ZAIN, 12204183280 (2023) KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pola Bilangan pada Siswa Kelas VIII Berdasarkan Prosedur Newman di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhamad Faris Fairuz Zain, NIM 12204183280 Jurusan Tadris Matematika (TMT), UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci : Kesalahan, Soal Cerita Fenomena ketika dalam kegiatan pembelajaran matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Siswa yang kesulitan akan mengalami kesalahan dalam menyelesaikan persoalan matematika khususnya soal cerita. Proses penyelesaian soal cerita, siswa dituntut untuk lebih kritis. Salah satu materi yang terdapat soal cerita yaitu pola bilangan. Kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dapat dapat diketahui menggunakan analisis prosedur Newman dengan tujuan mengetahui apa saja jenis kesalahan dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan. Berdasarkan tahapan Newman kesalahan siswa terdiri dari membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Pola bilangan berdasarkan prosedur Newman pada siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. (2) penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan berdasarkan prosedur Newman pada siswa kelas VIII MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini merupakan peneitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C MTsN 3 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan wawancara. Analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII-C MTsN 3 Tulungagung dalam menyelesaikan soal cerita materi Pola bilangan berdasarkan Prosedur Newman terdiri dari: kesalahan memahami soal (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan ketrampilan proses (process skills error),dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error). (2) Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII-C MTsN 3 Tulungagung dalam menyelesaikan soal cerita materi Pola bilangan berdasarkan Prosedur Newman yaitu Jenis kesalahan memahami soal (comprehension error) disebabkan oleh siswa yang tidak teliti dan lupa menuliskan apa yang diketahui dan ditanya. Jenis kesalahan transformasi (transformation error) disebabkan oleh siswa yang tidak paham dengan konsep pola bilangan. Jenis kesalahan ketrampilan proses (process skills error) disebabkan oleh siswa yang mengalami kesalahan pada tahap sebelumnya dan kurangmya pengetahuan dan ketrampilan siswa dalam operasi dasar matematika. Jenis kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error) disebabkan oleh siswa yang mengalami kesalahan pada tahap sebelumnya dan siswa merasa cukup dengan jawaban yang diberikan sehingga tidak memberi kesimpulan pada akhir jawaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Matematika > Pola Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183280 Muhamad Faris Fairuz zain
Date Deposited: 07 Jun 2023 06:53
Last Modified: 07 Jun 2023 06:53
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36101

Actions (login required)

View Item View Item