NISA NIKMATUL SOLEKAH, 128512203028 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLESITE BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA SMPN SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG PADA MATERI POLA BILANGAN. [ Thesis ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (537kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (264kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (362kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (401kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Googlesite Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika SMPN Se-Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Nisa Nikmatul Solekah NIM 128512203028 dengan dosen pembimbing Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D dan Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Googlesite, Etnomatematika, Kemampuan Koneksi Matematika, Pola Bilangan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami dan mengkaitkan antar konsep dalam matematika. Siswa juga kesulitan dalam mengkaitkan konsep matematika dengan bidang lain dan kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini dibutuhkan kemampuan koneksi matematika untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep matematika. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah pengembangan media pembelajaran. salah satu media yang dapat diekmbangkan adalah Googlesite. Oleh sebab itu, pengembangan media pembelajaran Googlesite ini akan dikaitkan dengan budaya atau disebut Etnomatematika agar mempermudah siswa memahami dan mengkaitkan antar konsep matematika, dengan bidang lain dan kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui design, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Googlesite berbasis Etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, studi dokumentasi, tes dan angket. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran matematika yaitu Googlesite berbasis Etnomatematika. Materi yang digunakan yaitu pola bilangan pada kelas VIII. Adapun pengembangan media mengikuti teori Borg & Gall. Adapun langkah langkah penelitiannya (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; (8) Uji coba pemakaian; (9) Revisi produk; (10) Produksi massal. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran Googlesite berbasis Etnomatematika dengan materi pola bilangan kelas VIII; (2) Media ini valid dengan taraf kevalidan dari ahli media 77%, ahli materi 79% dan validasi soal post test 82%; (3) media ini praktis dengan dibuktikan, keterlaksanaan penggunaan media pembelajaran Googlesite pada setiap pertemuan dan mendapatkan respon positif dari siswa. Berdasarkan hasil angket observasi guru diperoleh skor rata-rata 95,83, hasil angket respon siswa di SMPN 1 Boyolangu adalah 88,325 dan respon siswa di SMPN 2 Sumbergempol adalah 89,36% dan masuk dalam kategori respon positif; (4) Media pembelajaran Googlesite berbasis Etnomatematika ini efektif dilihat dari hasil post test. Berdasarkan hasil uji Independent Sample Test didapatkan hasil pembelajaran kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran Googlesite terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai sebesar 0,000/2 < 0,05. Dengan demikian, kemampuan koneksi matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol di SMPN 1 Boyolangu dan SMPN 2 Sumbergempol.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika |
Depositing User: | 128512203028 NISA NIKMATUL SOLEKAH |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:30 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36239 |
Actions (login required)
View Item |