HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

HANUF NUR ROHMAH, 12308183132 (2023) HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DALAM BELAJAR DENGAN PROKRASTINASI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah hubungan antara regulasi diri dalam belajar dengan prokrastinasi pada mahasiswa tingkat akhir UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah korelasional kuantitatif. Sampel yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 257 orang diambil dengan accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala regulasi diri dalam belajar dan prokrastinasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Rank Spearman. Sesuai hasil pada nilai sig. yang diperoleh sebesar 0,000 (p < 0,05) serta nilai Correlation Coefficient dengan hasil -0.410. Sehingga dapat disimpulkan hubungan antara variabel regulasi diri dalam belajar dan prokrastinasi memiliki arah hubungan negatif atau termasuk dalam kategori sedang. Bisa disimpulkan semakin tinggi tingkat regulasi diri dalam belajar individu maka akan semakin rendah perilaku prokrastinasinya. Kata Kunci: Regulasi Diri Dalam Belajar, Prokrastinasi, dan Mahasiswa Tingkat Akhir

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Psikologi > Psikologi kepribadian
Psikologi > Psikologi pendidikan
Psikologi > Psikologi sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: S1 12308183132 Hanuf Nur Rohmah
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:30
Last Modified: 12 Jun 2023 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36280

Actions (login required)

View Item View Item