PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MINYAK BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 KADEMANGAN BLITAR

AYU RESHALYAN SUMARNO, 12212183031 (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI MINYAK BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 1 KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Minyak Bumi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Kademangan, Blitar” ini ditulis oleh Ayu Reshalyan Sumarno, NIM. 12212183031, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Minyak Bumi, Hasil Belajar Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah proses pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran tersebut berpusat pada guru dan siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan penurunan hasil belajar siswa. Maka dari itu, diperlukan inovasi dalam menggunakan model pembejaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dalam mempelajari pelajaran kimia pada materi minyak bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi minyak bumi, mengetahui respon terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi minyak bumi, dan mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pda materi minyak bumi di kelas XI SMAN 1 Kademangan Blitar. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan penelitian quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 orang, sedangkan sampel penelitian diambil siswa kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) berjumlah 36 orang dan juga siswa kelas XI IPA 3 (kelas kontrol) yang berjumlah 36 orang. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang terdiri dari pretest, posttest, lembar observasi kegiatan siswa, serta angket yang berisi tentang respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Dari hasil penelitian diperoleh keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning tergolong aktif dengan presentase dari dua orang pengamat adalah 89,16%. Adapun respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning sangat positif, dinyatakan bahwa nilai yang diperoleh dari sebaran angket yang memilih kategori “Ya” memiliki rata-rata 82,74%. Kemudian data hasil tes yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan α = 0,05, maka diperoleh thitung > ttabel yaitu t3.085 > t1.995, maka H0 ditolak. Dengan demikian H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi minyak bumi kelas XI IPA 1 di SMAN 1 Kademangan, Blitar”.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Kimia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212183031 Ayu Reshalyan Sumarno
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:34
Last Modified: 12 Jun 2023 08:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36291

Actions (login required)

View Item View Item