PENERAPAN BUYBACK PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pada PT. Pegadaian Cabang Jombang)

LATHIFATUL KHOIRIYAH, 12101193149 (2023) PENERAPAN BUYBACK PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pada PT. Pegadaian Cabang Jombang). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lathifatul Khoiriyah, NIM 12101193149, Penerapan Buyback Pada Produk Tabungan Emas Dalam Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam (Studi Kasus Pada PT Pegadaian Cabang Jombang), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2023, Pembimbing: Septi Wulan Sari, S.Sy., M.H. Kata Kunci : Buyback, Tabungan emas Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya praktik buyback pada produk tabungan emas PT Pegadaian cabang Jombang yang di mana terdapat ketidakjelasan objek jual beli emas. Objek yang digunakan adalah emas, akan tetapi tidak diperlihatkan pada nasabah. Sehingga penulis ingin meneliti lebih dalam bagaimana penerapan buyback tersebut serta bagaimana pandangan hukum positif dan hukum Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan buyback dalam tabungan emas pada PT Pegadaian cabang Jombang, (2) Bagaimana penerapan buyback dalam tabungan emas pada PT Pegadaian cabang Jombang menurut perspektif hukum positif, (3) Bagaimana penerapan Buyback dalam tabungan emas pada PT Pegadaian cabang Jombang menurut perspektif hukum Islam, Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tentang penerapan Buyback dalam tabungan emas pada PT Pegadaian cabang Jombang, (2) Untuk mengetahui tentang penerapan Buyback dalam tabungan emas pada PT Pegadaian cabang Jombang menurut perspektif hukum Positif, (3) Untuk mengetahui tentang penerapan Buyback dalam tabungan emas pada PT Pegadaian cabang Jombang menurut perspektif hukum Islam. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif. Dikarenakan metode ini dapat menghasilkan temuan pengetahuan, mengkontruksi fenomena, membuat laporan secara sistematis dan rinci. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa cara seperti wawancara, Teknik berikutnya observasi. Teknik yang terakhir, dokumen peneliti mengambil informasi dari berita, peneliti menjadikan Peraturan otoritas jasa keuangan dan jurnal-jurnal sebagai acuan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data, dengan perpanjangan kehadiran. Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan buyback pada produk tabungan emas di Pegadaian Cabang Jombang ini disesuaikan dengan standarisasi dan SOP ketentuan tetap dari pegadaian kantor pusat. (2) Penerapan buyback menurut perspektif hukum positif yang dilakukan Pegadaian Cabang Jombang telah sesuai dengan aturan dalam POJK No. S-476/NB.III/2019. Dalam aturan tersebut tidak ada larangan untuk produk tabungan emas dan buyback. Didalam KUHPerdata Pasal 1320 produk tabungan emas dianggap sah suatu perjanjian apabila memenuhi syarat sah perjanjian. (3) Penerapan Buyback di perspektif hukum Islam dalam praktik buyback pada produk tabungan emas di pegadaian dapat dikatakan belum sesuai dengan prinsip syariah karena mengarah pada transaksi gharar atau ketidakjelasan obyek akad (emas).

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Skripsi 12101193149 Lathifatul Khoiriyah
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:09
Last Modified: 13 Jun 2023 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36297

Actions (login required)

View Item View Item