PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 TULUNGAGUNG

NURIZ ZAKIA MAULIDIANI, 12211183064 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 final.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB II final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB III final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB IV final.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V bim 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Scientific Pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Tulungagung” ditulis oleh Nuriz Zakia Maulidiani, NIM.12211183064, Pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbbas, M.Pd Kata Kunci: LKS, Pendekatan Saintifik, Pesawat Sederhana Penelitian ini merupakan upaya pemenuhan tuntutan kuikulum 2013 dimana Pendekatan saintifik merupakan kerangka ilmiah pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini juga sebagai upaya mengatasi permasalahan pembelajaran kelas VIII di MTsN 5 Tulunggagung. Permasalahan tersebut yakni bahan ajar yang digunakan masih monoton dan berisi teori saja sehingga siswa sulit memahami rumus fisika dan pemahaman siswa menurun karena terkendala lupa bahkan tertukar dengan rumus lainnya, perbedaan hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana, serta bahan ajar yang belum menggunakan pendekatan saintifik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik, 2) Mengetahui kelayakan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik, 3) Mengetahui keterbacaan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik, 4) Mengetahui efektifitas Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi pesawat sederhana untuk meningkatkan hasil belajar siswa MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model Four-D (4D) yang disarankan oleh Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dessiminate). Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Tulungagung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket keterbacaan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik, dan soal post test. Hasil uji validasi menggunakan skala 1-4 ahli media memperoleh skor sebesar 3,81 menunjukkan kriteria valid dan hasil validasi materi memperoleh skor 3,61 menunjukkan kriteria valid. Berdasarkan uji validasi menunjukkan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik layak digunakan dalam pembelajaran. Pada uji coba pertama untuk mengetahui keterbacaan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik. Hasil uji coba pertama kepada 32 siswa memperoleh skor 3,43 menunjukkan kriteria sangat mudah digunakan dalam pembelajaran. Pada pengujian kedua berdasarkan uji-t diperoleh nilai t-hitung = 3,367 yang nilainya lebih besar dari t-tabel = 2,000 untuk df = 60, sehingga hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi pesawat sederhana lebih tinggi dari kelas kontrol dan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan saintifik materi pesawat sederhana yang digunakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183064 NURIZ ZAKIA
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:57
Last Modified: 04 Jul 2023 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36372

Actions (login required)

View Item View Item