ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BERDASARKAN MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS XI IPA MAN TLOGO BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016

MUHAMMAD NASIR, 2814123119 (2016) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BERDASARKAN MOTIVASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS XI IPA MAN TLOGO BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
bagian depan.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (288kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Nasir, 2814123119, 2016, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Motivasi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri pada Siswa Kelas XI IPA MAN Tlogo Blitar Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Maryono, M. Pd. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Motivasi, dan Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa yang beragam. Kreatifitas sangat diperlukan dalam matematika, terutama dalam mengerjakan soal. Seperti halnya pembuktian identitas trigonometri, siswa dituntut untuk cerdik dalam manipulasi aljabar, selain itu dalam pembuktian ini juga memerlukan ide atau gagasan unik, imajinasi kebebasan berpikir dan juga berani mencoba. Dengan kreativitas siswa, peneliti berharap siswa dapat memunculkan banyak ide baru sehingga akan dengan mudah menemukan berbagai solusi dan cara baru dalam menyelesaikan soal terkait pembuktian identitas trigonometri. Selain kreatifitas siswa dalam menyelesaikan soal matematika, motivasi juga mempunyai peran yang penting dalam menyelesaikan soal matematika. Tentunya setiap siswa mempunyai motivasi yang berbeda-beda, seperti motivasi tinggi, motivasi sedang, dan motivasi rendah. Dari beberapa motivasi tersebut pada setiap tingkatannya mempunyai kreatifitas yang berbeda-beda dalam menyelesaikan soal. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif berdasarkan motivasi tinggi siswa pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif berdasarkan motivasi sedang siswa pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2015/2016. (3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif berdasarkan motivasi rendah siswa pada siswa kelas XI IPA 1 MAN Tlogo Blitar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan: 1) Tes, 2) Wawancara, 3) Observasi, 4) Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanya itu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa yang memiliki motivasi tinggi: kemampuan berpikir kreatif sebanyak 3 (9.38%), kemampuan berpikir cukup kreatif sebanyak 4 (12.50%), kemampuan berpikir kurang kreatif sebanyak 2 (6.25%). (2) Siswa yang memiliki motivasi sedang: kemampuan berpikir kreatif sebanyak 8 (25%), kemampuan berpikir cukup kreatif sebanyak 7 (21.87%), kemampuan berpikir kurang kreatif sebanyak 8 (25%). (3) Tidak terdapat satupun siswa yang memiliki motivasi rendah dalam mempelajari trigonometri, sehingga persentase untuk setiap tingkatan kemampuan berpikir kreatif sebesar 0%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123119 muhammad nasir
Date Deposited: 18 Aug 2016 04:18
Last Modified: 18 Aug 2016 04:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item View Item