Verawati, Fadilah Ike (2014) Penerapan Strategi PAILKEM Materi Dimensi Tiga untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi matematika Siswa kelas X di MA At-Thohiriyah Ngantru Tahun ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (421kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran PAILKEM, Komunikasi Matematika. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena sampai saat ini peran guru dalam membangun kemampuan komunikasi matematis siswa khususnya dalam pembelajaran matematika masih sangat terbatas. Kemampuan komunikasi merupakan aspek yang sangat penting yang perlu dimiliki oleh siswa yang ingin berhasil dalam studinya. Senada dengan itu, menurut Kist kemampuan komunikasi yang efektif merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh siswa untuk semua mata pelajaran. Kemampuan komunikasi matematis (mathematical communication) dalam pembelajaran matematika sangat perlu untuk dikembangkan. Hal ini karena melalui komunikasi matematis siswa dapat mengorganisasikan berpikir matematisnya baik secara lisan maupun tulisan. Di samping itu, siswa juga dapat memberikan respon yang tepat antar siswa dan media dalam proses pembelajaran. Bahkan dalam pergaulan bermasyarakat, seseorang yang mempunyai kemampuan komunikasi yang baik akan cenderung lebih mudah beradaptasi dengan siapa pun dimana dia berada dalam suatu komunitas, yang pada gilirannya akan menjadi seorang yang berhasil dalam hidupnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan strategi pembelajaran PAILKEM sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada siswa kelas X di MA At-Thohiriyah tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini digunakan metode tes, wawancara, observasi. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa tentang materi. Tes ini berupa tes tulis dan tes lisan. Tes tulis berguna untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa pada materi. Sedangkan untuk tes lisan berguna untuk mengetahui kemampuan berkomunikasi siswa pada pelajaran matematika. Observasi untuk melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Disini yang diamati adalah aktifitas siswa dan kegiatan guru. Wawancara dilakukan kepada siswa dan kepada guru bidang studi matematika untuk mencari tahu informasi – informasi yang mendukung pengumpulan data. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran pailkem untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika xvi siswa telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan kriteria nilai baik. Dari hasil keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 73.33% meningkat menjadi 84.82%, dari hasil ketuntaan belajar seluruh siswa yang mulanya nilai prosentase 62.50% meningkat menjadi 81.25%, dan untuk hasil kemampuan komunikasi matematika yang awalnya hanya 81.78% telah meningkat menjadi 88.30%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penerapan strategi PAILKEM dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada materi dimensi tiga siswa kelas X di MA At-Thohiriyah Ngantru.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Dec 2014 07:05 |
Last Modified: | 08 Dec 2014 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/364 |
Actions (login required)
View Item |