FUNGSI DAN NILAI-NILAI KEYAKINAN DALAM TRADISI JAMASAN GONG KYAI PRADAH (Studi Kasus Tradisi Siraman Pusaka Di Kelurahan Kalipang, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar)

YANUAR ILHAM ALIFIAN, 12309193017 (2023) FUNGSI DAN NILAI-NILAI KEYAKINAN DALAM TRADISI JAMASAN GONG KYAI PRADAH (Studi Kasus Tradisi Siraman Pusaka Di Kelurahan Kalipang, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
FUNGSI DAN NILAI-NILAI KEYAKINAN DALAM TRADISI JAMASAN GONG KYAI PRADAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan tentang Fungsi maupun Nilai-Nilai Keyakinan Pada Tradisi Jamasan Gong Kyai Pradah bersama kehidupan masyarakat di Kelurahan Kalipang Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Persoalan ini dilatarbelakangi oleh kepercayaan atau sugesti pada berbagai golongan masyarakat bahwa air bekas siraman dapat dipercaya membawa berbagai keberkahan. Sehingga dengan adanya eksistensi ini menjadikan tradisi jamasan Gong Kyai Pradah menjadi terkenal disekitar area Blitar. Tradisi lokal yang salah satunya masih dilakukan hingga kini adalah Jamasan Gong Kyai Pradah, yang diselenggarakan pada tanggal 1 Syawal dan 12 Rabiul Awwal menggunakan peralatan dan cara yang sama pada saat pelaksanaan. Hal ini menarik karena bahwa di era modern ini masih banyak masyarakat sepenuhnya percaya kepada hal-hal mistis. Studi penelitian menerapkan teknik penelitian kualitatif yang berfokus pada antropologi. Data didapatkan dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, informasi tersebut dianalisis dan diambil simpulan. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa terdapat dampak yang memengaruhi kehidupan masyarakat, seperti keyakinan, pemikiran, dan pendapatan ekonomi. Selain itu dengan adanya tradisi ini, menjadikan masyarakat lebih aman dan tentram. Kata Kunci: Jamasan Gong Kyai Pradah, Pengaruh, Sugesti.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Masyarakat Islam
Sosiologi Agama > Tradisi
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Sosiologi Agama
Depositing User: S1 12309193017 Yanuar Ilham Alifian
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:19
Last Modified: 14 Jun 2023 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36401

Actions (login required)

View Item View Item