PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KECEMASAN BERBICARA SAAT HYBRID LEARNING PASCA COVID-19 PADA MAHASISWA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG

NURUL BADRIYAH, 12308183130 (2023) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KECEMASAN BERBICARA SAAT HYBRID LEARNING PASCA COVID-19 PADA MAHASISWA UIN SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
NURUL BADRIYAH_12308183130.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan dampak bagi sector perekonomian, Kesehatan, dan social. Namun juga memberikan dampak bagi sector pendidikan, dimana peraturan pemerintah mengenai hybrid learning membuat mahasiswa mengalami tanda kecemasan saat pembelajaran. Dalam proses pembelajaran mahasiswa dituntut untuk mampu berbicara didepan umum. Harapannya adalah agar mahasiswa tidak hanya menjadi pendengar tetapi juga mampu mengkomunikasikan pikiran masing-masing dengan baik. Namun tidak semua mahasiswa dapat melakukan hal tersebut sehingga menjadi pemicu mengalami kecemasan berbicara dilingkungan itu sendiri yang dapat menghambat maksimalnya proses pembelajaran tersebut. Dengan berbagai hal yang dapat menghambat kecemasan berbicara maka salah satu hal yang dibutuhkan yaitu kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kepercayaan diri terhadap kecemasan berbicara saat hybrid learning pada mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dengan menggunakan metode kuantitatif jenis kausal komparatif dan tehnik pengambilan sampel snowball sampling jenis linier sebanyak 336 mahasiswa dari total 10.463 mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2020-2021. Skala yang digunakan adalah kepercayaan diri dan kecemasan berbicara dengan menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linier sederhana. Hasil uji hipotesis yang diperoleh F= 524,627 dan Sig= 0,000 yang berarti <0,05 serta R Square sebesar 0,611 yang berarti variabel kepercayaan diri (x) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecemasan berbicara (y) sebesar 61,1%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > E-Learning
Pendidikan > Luring
Pendidikan
Psikologi
Psikologi > Psikologi klinis
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 12308183130 NURUL BADRIYAH
Date Deposited: 17 Jun 2023 03:38
Last Modified: 17 Jun 2023 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36432

Actions (login required)

View Item View Item