PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS HOTS PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS X SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

NURUL HIDAYAH, 128512203032 (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS HOTS PADA MATERI TRIGONOMETRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS X SMKN 3 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan LKPD Berbasis HOTS pada Materi Trigonometri dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas X SMKN 3 Boyolangu Tulungagung.” ini ditulis oleh Nurul Hidayah dengan Promotor Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. dan Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: HOTS, Kemampuan Pemecahan Masalah, LKPD, Pengembangan, Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi Covid 19 sehingga pembelajaran dilakukan secara online yang akhirnya bermunculan aplikasi untuk membantu siswa menyelesaikan soal Matematika, akibatnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik berkurang. Selain itu, LKPD yang selama ini digunakan, hanya berisi soal-soal rutin bukan soal HOTS. Untuk itu perlu pengembangan LKPD yang berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD berbasis HOTS yang valid, praktis dan efektif pada materi Trigonometri dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah untuk kelas X SMKN 3 Boyolangu Tulungagung Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang disebut dengan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang menghasilkan LKPD berbasis HOTS. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan 2 kelas yang terpilih adalah kelas X Teknik Elektronika 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Teknik Otomotif 4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah: (1) LKPD berbasis HOTS pada materi Trigonometri kelas X dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi; (2) LKPD divalidasi oleh dua dosen UIN SATU Tulungagung dengan skor rata-rata 3,28 sehingga LKPD yang dikembangkan valid; (3) Berdasarkan hasil data keterlaksanaan LKPD dari tiga guru matematika, mendapatkan skor rata-rata 3,4 sehingga LKPD yang dikembangkan praktis; (4) Berdasarkan respon pendidik dan peserta didik yang mendapatkan skor rata-rata 3,43 sehingga LKPD yang dikembangkan efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Jadi pengembangan LKPD Berbasis HOTS pada materi Trigonometri dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah kelas X valid, praktis dan efektif digunakan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 128512203032 NURUL HIDAYAH
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:41
Last Modified: 15 Jun 2023 08:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36465

Actions (login required)

View Item View Item