PENGARUH DEWAN KOMISARIS, DEWAN DIREKSI, KEPEMILIKAN PERUSAHAAN LAIN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021.

ISTIKOMAH, 12406193048 (2023) PENGARUH DEWAN KOMISARIS, DEWAN DIREKSI, KEPEMILIKAN PERUSAHAAN LAIN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PROPERTI DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2019-2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Kepemilikan Perusahaan Lain, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sub Sektor Properti Dan Real Estate yang Tedaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021” ini ditulis oleh Istikomah, NIM. 12406193048, pembimbing Nadia Roosmalita Sari, S.Pd. M.Kom. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh inkonsistensi hasil dan keterbatasan penelitian sebelumnya dan belum ada sebelumnya yang meneliti mengenai pengaruh dewan komisaris, dewan direksi, kepemilikan perusahaan lain, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar pada bursa efek indonesia tahun 2019-2021. Oleh karena itu, peneliti mengangkat permasalahan mengenai dewan komisaris, dewan direksi, kepemilikan perusahaan lain, dan ukuran perusahaan, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dewan komisaris, dewan direksi, kepemilikan perusahaan lain, dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar pada bursa efek indonesia tahun 2019-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, sumber data yang digunakan yaitu menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan sub sektor properti dan real estate. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Purposive Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 perusahaan yaitu perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2019-2021. Tahap selanjutnya, data sekunder dianalisis dengan metode estimasi model regresi data panel, pemilihan model regresi data panel, statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik, regresi linier data panel, uji koefisien determinasi, uji hipotesis menggunakan Eviews 10. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Secara simultan variabel dewan komisaris, dewan direksi, kepemilikan perusahaan lain, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara bersama-sama terhadap profitabilitas pada perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar pada bursa efek indonesia tahun 2019-2021. Secara Parsial (1) Variabel dewan komisaris berpengaruh terhadap profitabilitas, (2) Variabel dewan direksi tidak berpengaruh terhadap profitabilitas, (3) Variabel kepemilikan perusahaan lain berpengaruh terhadap profitabilitas, dan (4) Variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Angka Adjusted R Square sebesar 0,2393 menunjukkan bahwa 23,93% variasi Profitabilitas bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 76,07% dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Kata kunci : Dewan Komisaris, Dewan Direksi, Kepemilikan Perusahaan Lain, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bursa Efek
Kepemimpinan
Ekonomi > Laba
Ekonomi > Laporan Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 12406193048 Istikomah25
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:29
Last Modified: 16 Jun 2023 03:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36475

Actions (login required)

View Item View Item