PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA NILNA MUKENA NGUNUT TULUNGAGUNG

DEWI ANGGUN NOVITASARI, 12405193304 and ALI MAULUDI AC, 197205012009011005 (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA NILNA MUKENA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA NILNA MUKENA NGUNUT TULUNGAGUNG - DEWI ANGGUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis semakin kompetitif, sehingga pebisnis dituntut untuk terus berinovasi serta memberikan produk dan pelayanan terbaik dalam memenangkan persaingan bisnis. Nilna Mukena merupakan bisnis yang memproduksi mukena dengan berbagai model di Ngunut Tulungagung. Nilna Mukena harus memperhatikan kepuasan konsumen, karena hal tersebut merupakan salah satu keberhasilan dalam suatu bisnis dan mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen diantaranya adalah kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, dan kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengukur pengaruh langsung dan tidak langsung kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening, dan 2) untuk mengetahui jumlah total masing-masing pengaruh variabel kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan pada Nilna Mukena. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah kausal komparatif. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah regresi linier berganda. Penelitian kausal komparatif merupakan penelitian yang membandingkan mana yang lebih kuat pengaruh langsung atau tidak langsung masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat dan membandingkan jumlah total pengaruh masing-masing variabel bebas. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Nilna Mukena dan jumlahnya tidak diketahui. Sampel yang dipakai sebesar 100 responden. Metode pengambilan sampel yaitu dengan pengisian kuesioner yang dibagikan kepada konsumen yang datang ke Nilna Mukena. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk tidak memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk tidak memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian, harga memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga tidak memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen, kualitas pelayanan memberikan pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, kepuasan konsumen memberikan pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, kepuasan konsumen memberikan peran dalam memediasi harga terhadap keputusan pembelian, kepuasan konsumen tidak memberikan peran dalam memediasi kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Nilna Mukena Ngunut Tulungagung. Kata Kunci: Harga; Kepuasan Konsumen; Keputusan Pembelian; Kualitas Pelayanan; Kualitas Produk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Jurnal > E-Journal
Ekonomi > Konsumen
Ekonomi > Kualitas Produk
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193304 DEWI ANGGUN NOVITASARI
Date Deposited: 19 Jun 2023 01:16
Last Modified: 19 Jun 2023 01:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36517

Actions (login required)

View Item View Item