MOCH. SYIFAUL MUCHARROM ALFAINI, 12204183278 (2023) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI TIPE ROLE-PLAYING GAME (RPG) BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (554kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (472kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (496kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (853kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Teknologi yang sedang menjadi tren pada saat ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah penggunaan smartphone Android sebagai media pembelajaran. Agar dapat menarik minat dan meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika, media pembelajaran tersebut dapat dikemas berupa game edukasi yang dapat dimainkan di Android. Salah satu genre/tipe game yang dapat dimanfaatkan adalah Role-playing game. Berdasarkan latar belakang tersebut, dikembangkanlah game edukasi tipe role-playing game berbasis Android pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan game edukasi tipe role-playing game berbasis Android pada pembelajaran matematika; 2) mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas game edukasi tipe role-playing game berbasis Android pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap I meliputi Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan) dan Evaluate (Evaluasi) serta tahap II meliputi Implement (Implementasi) dan Evaluate (Evaluasi). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Tulungagung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi dan media, angket praktikalitas game edukasi, dan tes hasil belajar. Pengujiannya dengan menggunakan teknik eksperimen Quasi experimental design dengan bentuk Static-Group Comparison Hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi memperoleh nilai berturut-turut sebesar 100% dan 93,33% sehingga game edukasi dinyatakan valid dan layak digunakan. Pada uji praktikalitas yang diberikan kepada kelas XI IPS 3 MAN 2 Tulungagung diperoleh nilai praktikalitas sebesar 90,69% sehingga game edukasi dinyatakan praktis dalam pembelajaran. Pada uji efektivitas, diperoleh ketuntasan belajar klasikal pada kelas eksperimen sebesar 94% dan pada kelas kontrol sebesar 85%. Kemudian, untuk uji Mann-Whitney diperoleh nilai Asymp .Sig (2-tailed) sebesar 0,021≤0,5. Sehingga, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan game edukasi tipe role-playing game berbasis Android lebih tinggi daripada kelas kontrol.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Syifaul 12204183278 MOCH. SYIFAUL MUCHARROM ALFAINI |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 06:22 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 06:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36530 |
Actions (login required)
View Item |