FENOMENA MEDITASI DZIKIR DALAM MENCEGAH DELIRIUM PADA SISWA YANG MENGHADAPI UJIAN TULIS BERBASIS KOMPUTER (Studi Kasus di SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar)

JEFRI ADI AKSA, 12303193043 (2023) FENOMENA MEDITASI DZIKIR DALAM MENCEGAH DELIRIUM PADA SISWA YANG MENGHADAPI UJIAN TULIS BERBASIS KOMPUTER (Studi Kasus di SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
JURNAL FINAL UPLOAD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Praktek meditasi dzikir membantu seseorang mengurangi kecemasan, membantu menstabilkan kontrol diri menjadi lebih baik dan aktualisasi diri lebih tinggi. Kegiatan meditasi dzikir siswa SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar dapat mencegah delirium, sehingga siswa mampu menyelesaikan Ujian Tulis Berbasis Komputer dengan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan fenomena meditasi dzikir pada siswa yang menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer di SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar. Penelitiian ini mengaplikasikan pendekatan kualitatif , sedangkan jenis penilitian studi kasus. Teknik pengkumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik kehabsahan data yang diaplikasikan peneliti adalah perpanjangan keikutsertaan, menemukan siklus kesamaaan data, ketekunan pengamatan serta triagulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan meditasi dzikir yaitu dengan cara istighosah dan membaca surat Yasin. Program ini dijalankan sebelum jam pelajaran pertama atau pagi hari. Durasi pembacaan meditasi dzikir sekitar 15 sampai 20 menit. Model pembacaan dzikir atau istighosah ini dilakukan secara bersama-sama, kemudian guru yang berada di kelas mendampingi, menginstruksikan seluruh siswa agar tenang dan khusyuk ketika membaca dzikir. Adapun jenis meditasi dzikir yang dilakukan di SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar masuk ke dalam jenis dzikir dengan lisan dan ucapan. Dan 2) Fenomena meditasi dzikir di SMAN 1 Srengat dapat menguatkan siswa baik secara jiwa dan raga yaitu memberikan keyakinan akan pertolongan Allah SWT, siswa memperoleh ketenangan, serta kedamaian jiwa, sehingga tingkat ketegangan menurun, menimbulkan optimisme dan mempunyai peluang besar menjadikan siswa tidak mengalami gangguan delirium. Kata Kunci: Delirium, Meditasi Dzikir, UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Psikologi
Psikologi > Psikologi kepribadian
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Tasawuf Psikoterapi
Depositing User: 12303193043 Jefri Adi Aksa
Date Deposited: 19 Jun 2023 07:21
Last Modified: 19 Jun 2023 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36551

Actions (login required)

View Item View Item