Ari Anita Puspitarini, 2817123014 (2016) PENERAPAN METODE SNOWBALL DRILLING DENGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
sampul ita.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Hal sampul-abstrak.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1-5.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Snowball Drilling dengan Media Komik Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Ari Anita Puspitarini, NIM. 2817123014, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M. Kata Kunci: Snowball Drilling, Komik, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran IPA disekolah, yang kurang inovatif dan prestasi belajar peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode snowball drilling dengan media komik. Penerapan metode snowball drilling dengan media komik diharapkan dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar IPA, sehingga prestasi belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses penerapan Metode Snowball Drilling dengan Media Komik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan energi dan sumber energi peserta didik kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik melalui penerapan Metode Snowball Drilling dengan Media Komik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan energi dan sumber energi peserta didik kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses penerapan Metode Snowball Drilling dengan Media Komik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan energi dan sumber energi peserta didik kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. (2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik melalui penerapan Metode Snowball Drilling dengan Media Komik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan energi dan sumber energi peserta didik kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak satu siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode snowball drilling dengan media komik dimulai dengan peserta didik membaca komik yang diberikan peneliti, kemudian memulai metode snowball drilling dengan menggelindingkan bola kepada peserta didik diiringi nyanyian. Guru menghentikan lagu dan memberikan pertanyaan pada peserta didik sampai peserta didik dapat menjawab pertanyaan dari guru. (2) Penerapan metode snowball drilling dengan media komik dapat meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik kelas III MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya rata-rata nilai peserta didik dari 70,19 (pre test), menjadi 87,36 (post test siklus I). Ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari pre test ke siklus I sebesar 23,81% naik menjadi 86,36%. Keaktifan belajar peserta didik pada siklus I secara umum sudah sesuai harapan. Sebagian besar indikator pengamatan muncul dalam keaktifan belajar peseta didik. Sesuai dengan taraf keberhasilan yang ditetapkan, maka taraf keberhasilan keaktifan belajar peserta didik berada pada kategori baik dengan persentase 84 %. Begitu juga dengan taraf keberhasilan aktivitas peserta didik berada pada kategori baik dengan persentase 81 %. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik dikelas tersebut sudah aktif dalam belajar. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode snowball drilling dengan media komik dapat meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran IPA materi energi dan sumber energi kelas III di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123014 ari anita puspita |
Date Deposited: | 22 Aug 2016 07:58 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3668 |
Actions (login required)
View Item |