PENGARUH PENERAPAN SELF ASSESSMENT SYSTEM, PERSEPSI TARIF PAJAK, PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN DENGAN E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Kediri)

EKA MAR'ATUS SOLEKHAH, 12403193178 (2023) PENGARUH PENERAPAN SELF ASSESSMENT SYSTEM, PERSEPSI TARIF PAJAK, PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN TAHUNAN DENGAN E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KESADARAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Self assessment system, Persepsi Tarif Pajak, Pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan dengan E-Filing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Kesadaran Wajib Pajak sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Eka Maratus Solekhah, NIM. 12403193178, jurusan Ekonomi, program studi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Dr. Lantip Susilowati, S.Pd., M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar sumber pendapatan Negara saat ini bersumber dari pajak. Saat ini pemerintah mengawasi sektor swasta yang dipastikan memiliki potensi yang besar untuk pemasukan Negara dari pajak yaitu dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Guna bisa menumbuhkan perekonomian Negara khususnya dari sektor perpajakan maka pemerintah membuat kebijakan baru yaitu PP No 23 tahun 2018 tentang perubahan tarif pajak UMKM yang awalnya 1% menjadi 0,5%. Kepatuhan Wajib Pajak adalah masalah yang menjadi bagian dari penerapan self assessment system. Keberhasilan pemungutan pajak yang menggunakan self assessment system sangat ditentukan oleh tinggi rendahnya tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian asosiatif. Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data primer dengan jumlah sampel sebanyak 384 pelaku UMKM Kabupaten Kediri. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan regresi linear berganda, dan path analisis. Hasil penelitian ini dengan alat bantu spss versi 25 berdasarkan hasil pengujian regresi menunjukkan bahwa 1) Penerapan self assessment system berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, 2) Pesrepsi tarif pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, 3) Pelaporan SPT Tahunan dengan e-filing berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak 4) Kesadaran wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak 5) Penerapan self assessment system berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran wajib pajak, 6) Persepsi tarif pajak berpengaruh psoitif dan signifikan terhadap kesadaran wajib pajak 7) Pelaporan SPT Tahunan dengan e-filing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kesadaran wajib pajak 8) Penerapan self assessment system berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak melalui kesadaran wajib pajak 9) Persepsi tarif pajak berpengaruh positif dan signifikan terhdap kepatuhan wajib pajak melalui kesadaran wajib pajak 10) Pelaporan SPT Tahunan dengan e-filing berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak melalui keasadaran wajib pajak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193178 Eka Mar'atus Solekhah
Date Deposited: 29 Jun 2023 04:33
Last Modified: 29 Jun 2023 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36694

Actions (login required)

View Item View Item