ANHAR KHOIRUL ROFIQI, 12208183160 (2023) PENGEMBANGAN KOMIK EDUKASI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BAGI SISWA KELAS XI DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Komik Edukasi Digital Sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Reproduksi Manusia Bagi Siswa Kelas XI di MAN 1 Blitar” ini ditulis oleh Anhar Khoirul Rofiqi NIM. 12208183160, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : Komik Edukasi Digital, Media Pembelajaran, Materi Sistem Reproduksi Manusia Proses pembelajaran dilakukan sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran, pencapaian tujuan pembelajaran diperoleh melalui berbagai aspek salah satunya penyediaan media pembelajaran yang dapat menunjang penyampaian materi yang baik. Keberadaan media pembelajaran yang kurang variatif dan terkesan membosankan dapat menimbulkan permasalahan kurangnya minat siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kondisi sistem pembelajaran di sekolah yang sudah menggunakan UKBM (Usaha Kegiatan Belajar Mandiri) yang menuntut siswa mencari sendiri kebutuhan pemahaman materi menjadi kelemahan dalam proses pemelajaran. Ditambah dengan materi sistem reproduksi manusia yang kompleks dan bersifat abstrak, perlu adanya media yang membantu visualisasi pemahaman materi. Pengembangan media pembelajaran baru berupa komik edukasi digital untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran perlu dilakukan agar tujuan pembelajaran terpenuhi dan proses pembelajaran lebih menarik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mendiskripsikan pengembangan Komik Edukasi Digital pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MIA di MAN 1 Blitar (2) Untuk mendiskripsikan kelayakan Komik Edukasi Digital pada materi sistem reproduksi manusia kelas XI MIA di MAN 1 Blitar (3) Untuk mendiskripsikan efektivitas penggunaan Komik Edukasi Digital pada materi sistem reproduksi manusia bagi kelas XI MIA di MAN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan yaitu 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Perbaikan Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Desain, 8) Uji Coba Pemakaian, 9) Revisi Produk, 10) Produksi Masal yang telah dimodifikasi menjadi 9 tahap dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Hasil pengembangan ini berupa komik edukasi digital materi sistem reproduksi manusia. Sampel uji coba penelitian ini merupakan siswa kelas XI MIA MAN 1 Blitar yang terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Desain uji coba pada penelitian ini yaitu Quasi Pre-Test Post-Test Control Group Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, angket, dan tes. Jenis data dalam penelitian ini terdapat data kuantitatif yaitu nilai angket validasi data, angket respon siswa, dan hasil pretest-postest siswa serta data kualitatif yaitu kritik, saran, masukan dari ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran dan respon siswa. Analisis data deskriptif dan paired T-Test. Hasil penelitian : 1) Pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran yaitu komik digital edukasi materi sistem reproduksi manusia bagi siswa kelas XI MIA di MAN 1 Blitar yang memiliki kompoenen Cover, Kata Pengantar,, Pengenalan Karakter, Jalan Cerita Pengantar, Materi 1 (struktur dan fungsi organ), Materi 2 (Proses sel sperma menuju sel telur dan fertilisasi). 2) Berdasarkan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 57 persentase 95% dengan kriteria sangat layak dan tidak perlu revisi, hasil validasi ahli media mendapatkan skor 75 persentase 83,3% dengan kriteria sangat layak dan tidak perlu revisi, hasil validasi guru pengampu mata pelajaran biologi mendapatkan skor 89 persentase 80,9% dengan kriteria sangat layak dan tidak perlu revisi, uji keterbacaan siswa mendapatkan skor rata-rata 63,5% persentase 90,7% dengan kriteria sangat layak dan tidak perlu revisi. 3) Komik digital edukasi dikatakan sangat layak berdasarkan uji keefektifan dari hasil pre-test dan post-test, hasil belajar kelas eksperimen rata- rata nilai pre-test 56,3 dan post-test 77,3 selisih 21,00 , sedangkan hasil belajar kelas kontrol memperoleh rata-rata nilai pre-test 53,9 dan post-test 68,2 selisih 14,34. Berdasarkan hasil uji Paired T-test diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,005 atau hasil yang diperoleh 0,000 < 0,05, sehingga menunjukkan bahwa produk Komik Edukasi Digital materi sistem reproduksi manusia efektif sebagai media pembelajaran untuk materi sistem reproduksi manusia.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Manusia Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | S1 12208183160 Anhar Khoirul Rofiqi |
Date Deposited: | 29 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 29 Jun 2023 04:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36695 |
Actions (login required)
View Item |