Dwiyanti, Riska Fathur Rizqi (2014) Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas IV MIN Mergayu, Bandung, Tulungagung. [ Skripsi ]
Text
~$-ABSTRAK new 1.docx Download (162B) |
||
Text
BAB I.doc Download (106kB) |
||
Text
BAB II.doc Download (117kB) |
||
Text
BAB III.doc Download (145kB) |
||
Text
BAB V.doc Download (32kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.doc Download (57kB) |
||
Text
BAB IV.doc Download (3MB) |
||
Text
~$STRAK RISKA FATHUR R..docx Download (162B) |
||
|
Text
11-ABSTRAK RISKA FATHUR R..pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Metode Role Playing, Prestasi Belajar PKn. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam mempelajari PKn dan menyebabkan prestasi belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PKn kurang bervariasi. Dalam pembelajaran PKn ada beberapa metode pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satunya adalah metode Role Playing, yaitu suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan yang dilakukan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode Role Playing pada mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi siswa kelas IV di MIN Mergayu, Bandung, Tulungagung tahun ajaran 2013/2014, 2) Apakah ada peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran PKn pokok bahasan pengaruh globalisasi dengan menggunakan metode Role Playing pada siswa kelas IV di MIN Mergayu, Bandung, Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat kepada : 1) Kepala MIN Mergayu, Bandung, Tulungagung sebagai masukan dalam perbaikan dan peningkatan mutu pengajaran PKn di kelas. 2) Guru MIN Mergayu sebagai bahan pertimbangan dalam proses penyampaian materi. 3) Siswa MIN Mergayu sebagai motivasi dalam proses pembelajaran dan kemudahan untuk siswa didalam meningkatkan prestasi belajarnya.4) Perpustakaan, Sebagai bahan referensi dan koleksi yang dapat digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa. 5) Peneliti lain, sebagai penambahan wawasan atau informasi untuk mengadakan penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah xvi siswa kelas IV MIN Mergayu, Bandung, Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa, yang dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 74 (57,89%), berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 85,21 (89,47%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 11,21. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan prestasi belajar PKn materi pengaruh globalisasi siswa kelas IV MIN Mergayu Bandung Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Dec 2014 07:16 |
Last Modified: | 08 Dec 2014 07:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/367 |
Actions (login required)
View Item |