EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT DISERTAI GAME KUIS COURSE MAZE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG

AFIFAH NOVIANA SARI, 12212183053 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT DISERTAI GAME KUIS COURSE MAZE PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (598kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point disertai Game Kuis Course Maze pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Afifah Noviana Sari, NIM. 12212183053, pembimbing Mike Rahayu, M.Sc. Kata Kunci: Efektivitas, Media Pembelajaran Interaktif, Power Point, Game Kuis Course Maze, Larutan Penyangga Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran kimia di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam proses pembelajaran. Keberadaan media pembelajaran dapat mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik. Pada saat pembelajaran berlangsung terlihat masih banyak peserta didik yang kurang antusias dalam memperhatikan materi yang disampaikan guru, kurang aktifnya peserta didik dan bahkan menyebabkan mengantuk dan timbul rasa bosan dalam mengikuti pembelajaran kimia. Dalam hal ini peneliti mengembangkan suatu media pembelajaran yang bersifat interaktif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pemahaman materi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan, (2) mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis power point disertai game kuis course maze pada materi larutan penyangga, (3) mengetahui apakah media pembelajaran interaktif berbasis power point disertai game kuis course maze efektif digunakan dalam proses pembelajaran kimia materi larutan penyangga. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D Thiagarajan. Model ini terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi untuk menguji kelayakan media yang dikembangkan dan soal posttest larutan penyangga. Validasi dilakukan oleh dua dosen kimia dan satu guru kimia di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes hasil belajar. Sampel penelitian dibedakan menjadi 2 kelompok diantaranya terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Masing-masing kelompok terdapat 30 peserta didik. Analisis data yang digunakan untuk menguji kelayakan media menggunakan analisis uji kelayakan media menggunakan angket dengan skala Likert dan menguji hipotesis menggunakan uji independent test. Hasil penelitian ini (1) Media pembelajaran yang dikembangkan dengan model 4-D dengan bantuan aplikasi Microsoft Power Point dan Chem Draw. Isi media pembelajaran meliputi: halaman utama, menu utama, kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran, materi, game, soal-soal kuis, pengayaan, referensi, pengayaan, dan profil. (2) Presentase kevalidan media pembelajaran interaktif berbasis power point disertai game kuis course maze dari ahli media sebesar 89% dengan kategori sangat valid dan ahli materi sebesar 89% dengan kategori sangat valid. (3) Keefektifan media pembelajaran dilihat dari hasil uji independent test diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,005 (p < 0,05), maka media pembelajaran interaktif berbasis power point disertai game kuis course maze efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia materi larutan penyangga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: S1 12212183053 AFIFAH NOVIANA SARI
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:48
Last Modified: 03 Jul 2023 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36793

Actions (login required)

View Item View Item