ARREZA MULYA PRASETYA, 12211183037 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL PhET SIMULATIONS PADA MATERI GELOMBANG TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI MA AL-MUSLIHUN TUNGGANGRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (84kB) | Preview |
Abstract
Kemajuan teknologi yang sangat pesat memunculkan berbagai jenis media pembelajaran yang mendukung siswa maupun guru dalam mencapai tujuan belajar. Salah satunya adalah media laboratorium virtual PhET simulations. PhET simulations merupakan salah satu alternatif laboratorium virtual yang bisa menjadi media pembelajaran bagi instansi pendidikan yang belum memiliki laboratorium ipa. Salah satu sekolah yang belum mempunyai ruang laboratorium ipa adalah MA Al-Muslihun Tunggangri. Ketiadaan lab tersebut membuat peneliti mengenalkan media PhET sebagai media pembelajaran baru untuk meningkatkan motivasi belajar dan sekaligus pemahaman konsep siswa MA-Al Muslihun Tunggangri. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MA-Al Muslihun Tunggangri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian Pre-Experimental dengan bentuk Intact-Group Comparison Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI mipa dengan jumlah 31 siswa dan menggunakan teknik sampling jenuh dengan membagi kelas menjadi kelas kontrol sejumlah 15 siswa dan kelas eksperimen sejumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah dengan menggunakan independent sample t-test dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh media pembelajaran virtual lab berbasis simulasi PhET terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA Al-Muslihun Tunggangri. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel (5,254 > 2,045) serta diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh media pembelajaran virtual lab berbasis simulasi PhET terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI MA Al-Muslihun Tunggangri. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t-test pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel (2,439 > 2,045) serta diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,021 < 0,05. (3) Ada pengaruh media pembelajaran virtual lab berbasis simulasi PhET terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas XI MA Al-Muslihun Tunggangri. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji Manova pada taraf signifikansi 5% diperoleh fhitung > ftabel (13,331 > 3,34) serta diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | Arreza Mulya Prasetya |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 07:05 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36837 |
Actions (login required)
View Item |