STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Perusahaan Geti UD Primadona Tulungagung)

SHYLA SHINTA NUR HALIZA, 12402193302 (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi Kasus Perusahaan Geti UD Primadona Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PERUSAHAAN GETI UD PRIMADONA TULUNGAGUNG).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Strategi Pengembangan usaha juga diperlukan dalam keberlangsungan UMKM, selain inovasi juga memerlukan pengembangan yang dapat diartikan sebagai keadaan dimana usaha berkembang atau tidak dilihat dari beberapa indicator yang dapat dijadikan pengukuran untuk menentukan usaha tersebut berekmbang atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran produk halal pada perusahaan kue geti UD Primadona. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan data yang diambil adalah dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pihak perusahaan, karyawan dan konsumen UD Primadona. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD Primadona menerapkan strategi pemasaran bauran pemasaran yang terdiri dari empat variabel yaitu produk, harga, lokasi dan promosi. Adapun strategi produk (product) yang dilakukan yaitu dengan menjaga kebersihan dan kualitas produk agar sesuai dengan prinsip halalan thayyiban dan menjamin kehalalan produk. Selanjutnya strategi harga (price) yaitu tidak menaikkan harga dengan adanya proses sertifikasi dan melakukan segmentasi demografis sebelum penetapan harga jual. Kemudian strategi lokasi (place) yaitu dengan menjaga kebersihan lokasi pengolahan, penjualan dan kendaraan yang digunakan dalam proses pengiriman agar terhindar dari kotoran dan najis yang dapat merusak barang. Strategi promosi (promotion) yang dilakukan melalui pameran yang diselenggarakan pada tingkat kecamatan dan kabupaten, dalam kegiatan ini perusahaan tidak menyampaikan terkait dengan jaminan halal pada produk.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Laporan Keuangan
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: S1 12402193302 SHYLA SHINTA NUR HALIZA
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:58
Last Modified: 05 Jul 2023 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36857

Actions (login required)

View Item View Item