PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERDASARKAN TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTs SEKABUPATEN NGANJUK

ATIKA NUR ISRO'ILLAILI, 128512203009 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERDASARKAN TEORI VAN HIELE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTs SEKABUPATEN NGANJUK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (820kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berdasarkan Teori Van Hiele untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di MTs se-Kabupaten Nganjuk” ini ditulis oleh Atika Nur Isro’ Illaili dengan Promotor Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes, Ph.D. dan Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Bangun Ruang Sisi Datar, Literasi Matematis, LKPD, Pengembangan, Teori Van Hiele. Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu temuan yang mendasar terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik. Sering ditemukan siswa mengalami kesulitan didalam mengerjakan soal dengan jawaban yang sistematis dan terstruktur terutama soal dengan stimulus seperti soal AKM. Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran yang digunakan siswa belum memberikan pemahaman kepada siswa bahwa terdapat lebih dari satu solusi untuk menyelesaikan soal. Tujuan penulisan dalam penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan LKPD berdasarkan teori Van Hiele untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. (2) Untuk mendeskripsikan kevalidan pengembangan LKPD dengan berdasarkan teori Van Hiele dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis. (3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan hasil pengembangan LKPD berdasarkan teori Van Hiele dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis. (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan pengembangan LKPD berdasarkan teori Van Hiele untuk meningkatkan kemampuan literasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development. Data yang digunakan adalah data validasi, angket respons peserta didik, observasi, dan post-test. Penelitian bermaksud untuk mengembangkan media berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berdasarkan Teori Van Hiele untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis peserta didik. Hasil penelitian dan pengamatan yang dilakukan diketahui bahwa (1) Penelitian ini telah menghasilkan produk berupa LKPD berdasarkan teori Van Hiele yang dikembangkan dengan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. (2) Kevalidan pengembangan LKPD berdasarkan teori Van Hiele yang divalidasi oleh 2 validator ahli materi dan validator ahli media dan dari kedua validator menunjukkan hasil yang valid, dengan persentase skor 82,59% dari ahli materi dan 79,76% dari ahli media. (3) Kepraktisan LKPD dari teori Van Hiele dilihat dari observasi keterlaksanaan penggunaan LKPD pada akhir pertemuan oleh 2 guru mata pelajaran matematika di MTsN 5 Nganjuk dan MTsN 7 Nganjuk dimana didapatkan skor kepraktisan sebesar 95,83%, ini menunjukkan LKPD ini dapat digunakan guru secara praktis, Berdasarkan respon siswa diperoleh rata- rata sebesar 88,32% dan 87,35% untuk uji pemakaian. (4) Keefektifan LKPD berdasarkan teori Van Hiele dilihat dari pertemuan 1 sampai 4 dan hasil post-test dan diperoleh nilai rata-rata akhir pada pertemuan 1 sampai 4 adalah 83 dan 82,5 sedangkan dari nilai post-test adalah 85,4 dan 82,5. Selain itu pada hasil uji t skor kelas control dan kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai sebesar 0,000 atau < 0,05.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 128512203009 Atika Nur Isro'illaili
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:39
Last Modified: 04 Jul 2023 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36872

Actions (login required)

View Item View Item