PERAN DUTA DAKWAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA (Studi Kasus Duta Dakwah UIN SATU Tulungagung)

MOHAMAD BAGUS PRASETYO ADHI, 12311183025 (2023) PERAN DUTA DAKWAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA (Studi Kasus Duta Dakwah UIN SATU Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
PERAN DUTA DAKWAH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MODERASI BERAGAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Universitas Islam yang mayoritas mahasiswa beragama Islam pasti ada perbedaan ras meskipun dengan agama yang sama. Oleh karena itu diperlukan toleransi guna memahami perbedaan yang ada. Maka dari itu pemahaman moderasi beragama sangat tepat untuk diterapkan di UIN SATU TULUNGAGUNG dalam kehidupan bernegara dan beragama. Untuk itu, dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragama di UIN SATU TULUNGAGUNG yang harus digunakan ialah: menjadikan lembaga pendidikan sebagai langkah dalam proses laboratorium moderasi beragama dan melaksanakan pendekatan sosiologis dalam bernegara dan beragama. Penelitian ini dilaksanakan memakai metode kualitatif, dengan teknik wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data. Fokus penelitian ini yang pertama adalah bagaimana pemahaman moderasi beragama bagi duta dakwah, dan yang kedua bagaimana pemahaman moderasi beragama bagi mahasiswa. Dengan hasil penelitian ini menunjukan bahwa moderasi beragama merupakan hal yang sangat substansial untuk diimplementasikan di Indonesia. Hal ini karean Indonesia merupakan negara yang memiliki masyarakat yang majemuk. Kemajemuakan ini meliputi suku, budaya, ras, bahasa, dan juga agama. Sehingga dengan moderasi beragama dapat menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang aman dan damai. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Universitas Islam Negeri, Pemahaman

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: S1 12311183025 MOHAMAD BAGUS PRASETYO ADHI
Date Deposited: 04 Jul 2023 12:18
Last Modified: 04 Jul 2023 12:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36890

Actions (login required)

View Item View Item