ANALISIS PENYALURAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH (ZIS) PRODUKTIF MELALUI PROGRAM BANTUAN MODAL USAHA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MUSTAHIK (Studi Kasus Pada BAZNAS Kota Blitar)

KUSUMA DIAN RAHMADHANI, 12404183019 (2023) ANALISIS PENYALURAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH (ZIS) PRODUKTIF MELALUI PROGRAM BANTUAN MODAL USAHA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI MUSTAHIK (Studi Kasus Pada BAZNAS Kota Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Penyaluran Dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) Produktif Melalui Program Bantuan Modal Usaha Untuk Meningkatkan Ekonomi Mustahik (Studi Kasus Pada BAZNAS Kota Blitar)” ditulis oleh Kusuma Dian Rahmadhani, NIM 12404183019, Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, pembimbing Bapak Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Penelitian ini di latar belakangi oleh BAZNAS Kota Blitar yang mempunyai program bantuan modal usaha. Sejak berdiri BAZNAS Kota Blitar sudah menjalankannya program tersebut. Harapan BAZNAS Kota Blitar dapat meningkatkan ekonomi mustahik, tidak hanya sekedar memberdayakan, dengan melakukan pendistribusian dana ZIS produktif melalui bantuan modal usaha BAZNAS Kota Blitar dapat membantu masyarakat dalam jangka waktu panjang dan merubah ekonomi menjadi lebih baik serta mengurangi angka kemiskinan di Kota Blitar. Penelitian ini terdapat tiga fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pendistribusian dana ZIS produktif melalui program bantuan modal usaha yang diterapkan oleh BAZNAS Kota Blitar dalam meningkatkan ekonomi mustahik? 2) Bagaimana realisasi pendistribusian dana ZIS produktif melalui program bantuan modal usaha dalam meningkatkan ekonomi mustahik oleh BAZNAS Kota Blitar? 3) Bagaimana efektivitas pendistribusian dana ZIS produktif melalui program bantuan modal usaha dalam meningkatkan ekonomi mustahik oleh BAZNAS Kota Blitar?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti akan mendeskripsikan tentang analisis penyaluran dana ZIS produktif melalui program bantuan modal usaha untuk meningkatkan ekonomi mustahik. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pendistribusian dana ZIS produktif melalui program bantuan modal usaha oleh BAZNAS Kota Blitar terlebih dahulu melakukan rapat mengenai Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan (RKAT) dengan menetapkan tujuan pendistribusian program bantuan modal usaha, menetapkan target anggaran serta target sasaran penerima bantuan modal usaha. 2) Realisasi pendistribusian dana ZIS produktif melalui program bantuan modal usaha untuk meningkatkan ekonomi mustahik oleh BAZNAS Kota Blitar dilakukan dengan cara calon mustahik melengkapi persyaratan dari BAZNAS Kota Blitar, sekaligus dilakukan survey kepada calon mustahik, tahap terakhir proses pendistribusian kepada mustahik. 3) Efektivitas pendistribusian dana ZIS produktif melalui program bantuan modal usaha untuk meningkatkan ekonomi mustahik dilakukan dengan melakukan monitoring dan juga pengawasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Wakaf
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404183019 Kusuma Dian Rahmadhani
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:05
Last Modified: 11 Jul 2023 13:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/36953

Actions (login required)

View Item View Item