WALID DATUL ISNA, 12205193206 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER .pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
||
Text
BABA V.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power point Interaktif Terhadap Motivasi dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Di MIN 14 Blitar” ini ditulis oleh Walid Datul Isna, NIM 12205193206 Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dosen pembimbng Uswatun Hasanah, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Media Power Point Interaktif, Motivasi, Kemampuan Berfikir Kritis Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh masalah yang dihadapi guru saat proses mengajar pembelajaran matematika. Guru mengalami kendala dalam menyampaikan materi kepada peserta didik sehingga materi yang diajarkan kurang dimengerti dan dipahami. Kurang memahami konsep materi pembelajaran matematika membuat peserta didik masih merasa kesulitan dalam memecahkan permasalahan pada soal sehingga kemampuan berfikir kritis peserta didik masih tergolong rendah. Selain itu, guru masih menerapkan kegiatan pembelajaran dengan metode ceramah tanpa adanya variasi media sehingga menyebabkan motivasi belajar peserta didik rendah. Sementara pada pembelajaran abad 21 dikenal dengan pembelajaran yang dapat memanfaatkan teknologi digital. Penggunaan media pembelajaran power point interaktif menjadi upaya guru dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan berfikir kritis peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap motivasi peserta didik pada pembelajaran matematika di MIN 14 Blitar? (2) Adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika di MIN 14 Blitar? (3) Adakah adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap motivasi dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika di MIN 14 Blitar?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap motivasi peserta didik pada pembelajaran matematika di MIN 14 Blitar. (2) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika di MIN 14 Blitar. (3) Untuk menjelaskan adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap motivasi dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika di MIN 14 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre- Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan jenis purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas IV dan kelas V dengan populasi seluruh peserta didik MIN 14 Blitar. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket dan tes. Analisis data menggunakan enyus uji paired sample t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap motivasi peserta didik pada pembelajaran matematika di MIN 14 Blitar dengan diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,023 < 0,05. (2) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika di MIN 14 Blitar dengan diperoleh hasil nilai signifikasi pada kelas 4 sebesar 0,002 dan nilai signifikansi pada kelas 5 sebesar 0,000 yang artinya dari hasil tersebut menunjukkan nilai < 0,05. (3) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap hubungan motivasi dan kemampuan berfikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika di MIN 14 Blitar dengan diperoleh hasil nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193206 walid datul isna |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 04:59 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 04:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37035 |
Actions (login required)
View Item |