PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2015/2016

INDRIE MAHARANI, 2814123092 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PENILAIAN PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X DI MAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (428kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Penilaian Portofolio terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di MAN Trenggalek Tahun Ajaran 2015/2016" penelitian ini ditulis oleh Indrie Maharani, NIM. 2814123092, pembimbing Ibu Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT), Penilaian Portofolio, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa selama ini guru cenderung memakai metode ceramah dalam penyampaian materi, sehingga siswa merasa jenuh dengan suasana tersebut yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Dan juga sistem penilaian guru yang hanya mengutamakan hasil akhir daripada prosesnya. Oleh karena itu perlu adanya suasana pembelajaran dan sistem penilaian yang baru agar siswa dapat termotivasi sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan penilaian portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di MAN Trenggalek? (2) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan penilaian portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di MAN Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan penilaian portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di MAN Trenggalek dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini bermanfaat bagi para guru Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek sebagai dasar untuk inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek untuk memperbaiki hasil belajar. Bagi Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka alternatif pemilihan pembelajaran. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti untuk penelitian lebih lanjut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Teknik yang digunakan adalah sampling purposive dan sampelnya berasal dari X MIA 6 dan X MIA 7. Metode dalam penelitian ini adalah metode interview, dokumentasi dan tes. Interview digunakan untuk mengetahui kelas yang homogen, model pembelajaran, sistem penilaian, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang digunakan, dokumentasi untuk mendapatkan daftar nama siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, pembagian kelompok di kelas eksperimen, pengambilan gambar pelaksanaan penelitian, nilai ulangan matematika semester ganjil dan metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan penilaian portofolio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan penilaian portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek semester genap tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung = 3,76, sedangkan ttabel pada taraf signifikasi 5% adalah 2,000. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Tingkat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan penilaian portofolio terhadap hasil belajar matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri Trenggalek termasuk dalam kategori besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123092 INDRIE MAHARANI
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:59
Last Modified: 25 Aug 2016 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3707

Actions (login required)

View Item View Item