PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SBL ( SITUATION BASED LEARNING) BERBANTUAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MAN 2 TULUNGAGUNG PADA MATERI BARISAN DAN DERET

INTAN AMALIA, 128512203021 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SBL ( SITUATION BASED LEARNING) BERBANTUAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MAN 2 TULUNGAGUNG PADA MATERI BARISAN DAN DERET. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan E-modul Berbasis SBL (Situation Based Learning) Berbantuan Aplikasi Flip PDF Professional Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MAN 2 Tulungagung Pada Materi Barisan dan Deret” ini ditulis oleh Intan Amalia dengan Promotor Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. dan Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : E-modul, Flip PDF Professional, Kemampuan Koneksi Matematis, Pengembangan, dan SBL (Situation Based Learning). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu temuan yang mendasar terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Sering ditemukan siswa mengalami kesulitan didalam mengerjakan soal yang berkaitan kehidupan sehari-hari, topik antar matematika dan pengetahuan di luar matematika. Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran yang digunakan siswa belum memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-modul berbasis Situation Based Learning (SBL) pada materi barisan dan deret untuk siswa kelas XI MAN 2 Tulungagung yang valid, praktis, efektif dan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis.. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research & Development. Data yang digunakan adalah data validasi, angket respon, observasi, tes akhir. Penelitian bermaksud untuk mengembangkan e-modul barisan dan deret dengan pendekatan SBL yang membantu meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Teknik analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) Kevalidan e-modul diukur dari penilaian validasi ahli media dan ahli materi; (2) Kepraktisan e-modul yang dikembangkan diukur dari penilaian observasi guru dan angket respon siswa; (3) Sedangkan keefektifan e-modul yang dikembangkan diukur dari uji t. Hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan diketahui bahwa (1) telah dihasilkan produk berupa e-modul yang dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model penelitian dan pengembangan ADDIE. (2) Proses validasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa e-modul dapat dikatakan valid, dengan persentase skor 83% dari ahli materi dan 82,5% dari ahli media. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa e-modul ini valid untuk digunakan; (3) Berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan e-modul dari observer dimana didapatkan rata-rata skor kepraktisan sebesar 4 atau sebesar 100 %, dan berdasarkan respon siswa diperoleh persentase skor 76,1% untuk uji pemakaian. Hal ini menunjukkan e-modul ini dapat digunakan guru dan siswa secara praktis; (4) Berdasarkan nilai tes akhir dilakukan uji t diperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian berdasarkan kriteria yang ditetapkan e modul barisan dan deret dengan pendekatan situation based learning (SBL) berbantuan aplikasi flip pdf professional efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Matematika
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 128512203021 INTAN AMALIA
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:42
Last Modified: 17 Jul 2023 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37105

Actions (login required)

View Item View Item