TINJAUAN FEMINISME TERHADAP FENOMENA KASUS CERAI GUGAT OLEH TENAGA KERJA WANITA LUAR NEGERI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus di Pengadilan Agama Tulungagung)

NURMA DUROTUL MASRUROH, 12102193115 (2023) TINJAUAN FEMINISME TERHADAP FENOMENA KASUS CERAI GUGAT OLEH TENAGA KERJA WANITA LUAR NEGERI DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus di Pengadilan Agama Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Nurma Durotul Masruroh 12102193115, Tinjauan Feminisme Terhadap Fenomena Kasus Cerai Gugat Oleh Tenaga Kerja Wanita Luar Negeri Di Kabupaten Tulungagung (Studi Kasus Di Pengadilan Agama Tulungagung), Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, 2023, Pembimbing : Dr. Syahril Siddik, M.A Kata Kunci : Cerai gugat, Tenaga Kerja Wanita, Feminisme Latar belakang penelitian ini dikarenakan maraknya kasus perceraian oleh tenaga kerja wanita yang bekerja di luar negeri serta tingginya angka perceraian pada kalangan tenaga kerja wanita di Kabupaten Tulungagung. Terjadinya fenomena kasus cerai gugat oleh tenaga kerja wanita (TKW) di Kabupaten Tulungagung, Tulungagung memiliki predikat terbaru sebagai wilayah penghasil janda terbanyak. Pada tahun 2022 mencapai 1.249 kasus perceraian di kabupaten Tulungagung dan yang menjadi dasar mengajukan gugatan paling banyak ialah faktor ekonomi. Rumusan dalam penelitian ini ialah : 1) Apa saja faktor yang mempengaruhi terjadinya cerai gugat oleh tenaga kerja wanita (TKW) luar negeri di Kabupaten Tulungagung. 2) Bagaimana tinjauan feminisme terhadap kasus fenomena cerai gugat oleh tenaga kerja wanita (TKW) luar negeri di Kabupaten Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui faktor- faktor yang menyebabkan terjadinya cerai gugat oleh tenaga kerja wanita (TKW) luar negeri di Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk Mengetahui Pandangan Feminisme terkait terjadinya kasus fenomena cerai gugat oleh tenaga kerja wanita (TKW) luar negeri di Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan ketua Hakim pengadilan Agama Tulungagung serta dengan perempuan yang melakukan cerai gugat, penelaah dokumen dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisi data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) faktor yang mendasari alasan tenaga kerja wanita (TKW) untuk menggugat cerai ialah faktor ekonomi, tidak menafkahi, melupakan tanggung jawab personal, perselingkuhan, serta keharmonisan rumah tangga yang kurang. 2) Bahwa tinjauan feminisme yang dimaksud dalam penelitian ini bukan berarti merendahkan derajat kaum laki-laki melainkan kesetaraan gender bagi kaum laki-laki dan juga kaum perempuan, dimana laki-laki mempunyai hak talak, perempuan juga mempunyai hak khulu’ dan jika laki-laki mampu bekerja perempuan juga bisa bekerja.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Kesejahteraan Sosial
Peradilan Islam > Perceraian
Hukum > Perlindungan Hukum
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193115 Nurma Durotul Masruroh
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:37
Last Modified: 06 Jul 2023 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37122

Actions (login required)

View Item View Item