DAMPAK PENETAPAN HARGA KOMODITAS HASIL PERTANIAN JAGUNG OLEH TENGKULAK TERHADAP PENDAPATAN PETANI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Kolomayan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar)

DEVI KHOIROTUL AZIZAH, 12402193233 (2023) DAMPAK PENETAPAN HARGA KOMODITAS HASIL PERTANIAN JAGUNG OLEH TENGKULAK TERHADAP PENDAPATAN PETANI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus di Desa Kolomayan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (941kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Dampak Penetapan Harga Komoditas Hasil Pertanian Jagung Oleh Tengkulak Terhadap Pendapatan Petani Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Desa Kolomayan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar)” ini ditulis oleh Devi Khoirotul Azizah, mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, NIM 12402193233, Pembimbing Galih Pradananta, M.Si.Penelitian ini dilatar belakangi dengan bermula dari adanya keluhan petani yang sering peneliti dengar. Yaitu mengeluhkan harga jagung yang selalu rendah. meskipun dalam kondisi gagal panen harga jagung tetap rendah. Sehingga para petani beranggapan bahwa keberadaan tengkulak hanya mengambil keuntungan sendiri tanpa memikirkan nasib petani. Tetapi pada kenyataannya kehadiran tengkulak sebetulnya membantu masyarakat dalam memasarkan hasill panen jagung mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana penetapan harga jagung oleh tengkulak terhadap pendapatan petani di Desa Kolomayan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar? 2. Bagaimana pandangan ekonomi Islam terhadap penetapan harga jagung di Desa Kolomayan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar? Penelitian ini berfokus pada apa saja dampak dari penetapan harga jagung oleh tengkulak terhadap pendapatan petani dan dampak penetapan harga jagung dalam perspektif ekonomi islam.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang merupakan pemahaman sebuah kasus secara rinci dengan cara mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti berhasil mengamati kegiatan jual beli jagung ini selama 2 bulan dengan mencari informasi melalui 3 narasumber yaitu 4 orang dari tengkulak, 5 orang petani dan 2 orang peternak ayam petelur.Berdasarkan hasil penelitian terdapat kesimpulan bahwa: 1. Penetapan harga jagung yang dilakukan oleh tengkulak terhadap petani jagung yang ada di Desa Kolomayan sudah berdampak baik terhadap pendapatan petani jagung.Penetapan harga ini jika dilihat dari indikator pendapatan petani menunjukkan hasil yang positif, dimana dalam hasil panen dan biaya berpengaruh baik dalam pendapatan petani namun pada bantuan pupuk belum menunjukkan hasil yang baik. 2. Dalam perspektif ekonomi Islam sebagian tengkulak dalam penetapan harga komoditas jagung di Desa Kolomayan Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar dalam menetapkan harga sudah sesuai dengan etika penetapan harga dalam perspektif ekonomi bisnis Islam diantaranya yaitu dengan memegang prinsip keseimbangan (Equilibrium), kejujuran, menetapkan harga dengan transparan, tetapi pada prinsip penimbunan (Ihtikar) di ketahui jika tengkulak masih menimbun barang. Kata Kunci: Penetapan Harga, Tengkulak, Pendapatan Petani.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Harga
Ekonomi > Pendapatan
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193233 Devi Khoirotul Azizah
Date Deposited: 09 Jul 2023 03:33
Last Modified: 09 Jul 2023 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37242

Actions (login required)

View Item View Item