TRADISI BAKAR BATU (BARAPEN) KOMUNITAS MUSLIM DANI TERHADAP PEMBUDAYAAN NILAI-NILAI PANCASILA (Studi Kasus Kampung Angkasapura Kota Jayapura Papua)

AGUNG SUBAGIO AJI, 12850721007 (2023) TRADISI BAKAR BATU (BARAPEN) KOMUNITAS MUSLIM DANI TERHADAP PEMBUDAYAAN NILAI-NILAI PANCASILA (Studi Kasus Kampung Angkasapura Kota Jayapura Papua). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Tesis dengan Judul “Tradisi Bakar Batu (Barapen) Pada Komunitas Muslim Dani Terhadap Pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila (Studi Kasus kampung Angkasapura kota Jayapura Papua)” ini ditulis oleh Agung Subagio Aji dengan Promotor I Prof. Dr. H. Nur Kholis, M.Pd. dan Promotor II Dr. KH. Teguh, M.Ag. Kata Kunci: Bakar Batu, Komunitas Muslim Dani, Nilai-Nilai Pancasila Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti pada keunikan tradisi bakar batu yang dilakukan oleh muslim Dani. Hal ini dikarenakan bakar batu pada suku Dani umumnya menggunakan bahan makanan utama daging Babi. Oleh komunitas muslim Dani diganti dan disesuaikan dengan syariat Islam. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai bakar batu yang sudah menjadi ritual tradisional lintas generasi dan terus dilakukan oleh suku Dani, serta berupaya menggali makna dan relevansinya terhadap pembudayaan nilai-nilai pancasila yang terkandung didalamnya. Tradisi bakar batu merupakan prosesi kebudayaan berbasis kuliner khas Papua dengan menggunakan media batu yang telah dipanasi. Tradisi ini memiliki makna sosial, budaya dan religius yang ada pada komunitas muslim Dani di kota Jayapura Propinsi Papua. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu; (1)Bagaimana proses pelaksanaan tradisi Bakar Batu (Barapen)komunitas muslim Dani kampung Angkasapura kota Jayapura Papua?.(2)Apa makna tradisi Bakar Batu (Barapen)komunitas muslim Dani kampung Angkasapura kota Jayapura Papua?.(3)Bagaimana Implikasi tradisi bakar batu (Barapen) terhadap pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila?.Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu: (1)Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan tradisi bakar batu (Barapen)komunitas muslim Dani kampung Angkasapura kota Jayapura Papua. (2)Untuk mendeskripsikan dan menganalisismakna tradisi bakar batu (Barapen)komunitas muslim Dani kampung angkasapura kota Jayapura Papua.(3)Untuk mendeskripsikan implikasi terhadap pembudayaan Nilai-Nilai Pancasila dalam tradisi Bakar Batu (Barapen)komunitas muslim Dani kampung angkasapura kota Jayapura Papua. Metode dalam penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan filosofis, fenomenologi dan sosiologis. Pengumpulan data diperoleh melalui Teknik Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hal ini dilakukan sebab berbasis penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan,(1)Proses pelaksanaan tradisi bakar batu (Barapen) memiliki empat tahap yaitu; tahap persiapan, tahap membakar atau memasak, tahap makan bersama, dan tahap pasca-pelaksanaan. (2)Makna dibalik tradisi bakar batu (Barapen) memiliki lima makna yaitu;makna transendental, makna eksistensi, makna identifikasi sosial, makna legacy (warisan intelektual) dan makna solidaritas.(3)Tradisi bakar batu terhadap pembudayaan nilai-nilai Pancasila memiliki banyak nilai yang relevan seperti; nilai Religiusitas, kebersamaan, persatuan, gotong royong, toleransi, musyawarah dan keadilan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Sosiologi Agama > Budaya
Filsafat > Filsafat Islam
Sosiologi Agama > Ritual
Sosiologi Agama > Tradisi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Filsafat Agama
Depositing User: Mr 12850721007 Agung Subagio Aji
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:17
Last Modified: 10 Jul 2023 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37296

Actions (login required)

View Item View Item