PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, ISTISHNA’, QARDH, MUDHARABAH, IJARAH DAN PENEMPATAN PADA BANK LAIN TERHADAP PROFITABILITAS BANK MUAMALAT INDONESIA (Periode 2014 – 2021)

NINA TUNIKMAH, 12401173287 (2023) PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH, ISTISHNA’, QARDH, MUDHARABAH, IJARAH DAN PENEMPATAN PADA BANK LAIN TERHADAP PROFITABILITAS BANK MUAMALAT INDONESIA (Periode 2014 – 2021). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (918kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembiayaan Murabahah, Istishna’, Qardh, Mudharabah, Ijarah dan Penempatan Pada Bank Lain terhadap Profitabilitas Bank Muamalat Indonesia (Periode 2014 – 2021)” ini ditulis oleh Nina Tunikmah, NIM. 12401173287, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Binti Nur Asiyah, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya tingkat profitabilitas (ROA) yang baik di industri perbankan. Bank yang sehat akan memiliki profitabilitas (ROA) yang semakin meningkat diatas standar yang telah ditentukan. Salah satu bank yang memiliki profitabilitas (ROA) yang cukup baik adalah Bank Muamalat Indonesia. Namun, pada tahun – tahun tertentu return on assets pada Bank Muamalat Indonesia mengalami penurunan, hal ini membuat kesehatan bank juga mengalami penurunan. Adapun penurunan profitabilitas (ROA) tersebut, dapat disebabkan oleh beberapa aktiva produktif, di antaranya adalah pembiayaan murabahah, pembiayaan istishna’, pembiayaan qardh, pembiayaan mudharabah, pembiayaan ijarah, dan penempatan pada bank lain. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menguji pengaruh signifikan antara pembiayaan murabahah, pembiayaan istishna’, pembiayaan qardh, pembiayaan mudharabah, pembiayaan ijarah, dan penempatan pada bank lain terhadap profitabilitas Bank Muamalat Indonesia (Periode 2014- 2021). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal, pengambilan sampel dengan teknik non probability sampling yaitu menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan Bank Muamalat Indonesia periode 2014-2021. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, yang terdiri dari uji multikolinieritas, model regresi linear berganda, uji kebaikan model, uji F, uji t dan uji asumsi klasik, yang meliputi (uji normalitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi) yang kemudian data data diolah menggunakan software SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah berpengaruh positif signifikan terhadap ROA Bank Muamalat, sedangkan pembiayaan istishna’ tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA Bank Muamalat Indonesia, qardh tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA Bank Muamalat Indonesia, mudharabah tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA Bank Muamalat Indonesia, ijarah tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA Bank Muamalat Indonesia dan penempatan pada bank lain tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA Bank Muamalat Indonesia. Kata Kunci : Pembiayaan Murabahah, Pembiayaan Istishna’, Pembiayaan Mudharabah, Penempatan Pada Bank Lain, Return On Assets (ROA).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nina Tunikmah
Date Deposited: 10 Jul 2023 08:23
Last Modified: 10 Jul 2023 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/37378

Actions (login required)

View Item View Item